1 Hektar Lahan Warga Waai Terbakar

KABARTIMURMEWS.COM,AMBON- Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi. Kali ini, giliran lahan milik warga Negeri Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, terbakar, Rabu (12/2).

Penyebab kebakaran belum diketahui. Namun api membakar sekitar 1 hektar lahan kosong atau bekas kebun di Dusun Sureuw Negeri Waai.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Iptu Julkisno Kaisupy, mengatakan, berdasarkan keterangan Paulus Sohilait (39), jika kebakaran itu diketahui setelah dirinya berada di belakang rumah Ari Risambessy.

Melihat kejadian itu, saksi langsung menuju kediaman Ari Risambessy dan bersama menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk melakukan pemadaman menggunakan peralatan seadanya.

"Pemadaman dibantu oleh aparat Satgas BKO Yonif 136 Bukit Barisan Negeri Waai. Api berhasil dipadamkan," kata Kaisupy.

Setelah kebakaran pada pukul 10.45 WIT, dapat diatasi, api kembali lagi membakar kawasan tersebut pukul 14.00 WIT.

"Saat itu Kanit Reskrim Polsek Salahutu Aiptu I. Kaidjili dihubungi Dan Pos Satgas BKO 136 Bukit Barisan Negeri Waai Serka Rulli Setiawan bahwa ada kebakaran lahan," jelasnya.

Tak lama berselang, sejumlah personel Polsek Salahutu tiba di TKP untuk mengamankan lokasi kebakaran.

"Saat itu warga diminta untuk tidak mendekati TKP sehingga tidak mengganggu kerja petugas TNI dan Polri. Selanjutnya membantu petugas TNI dan Polri memadamkan kebakaran lahan tersebut," terangnya.

Kebakaran lahan akhirnya dapat diatasi sekira pukul 18.00 WIT.

"Kerugian yang ditimbulkan dari kebakaran tersebut sekira 1 hektar lahan hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa," tandasnya. (CR1)