Sekilas Info

Tiga Hutan di Leihitu Terbakar

Husen Toisuta/Kabartimur

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Kebakaran hebat melanda tiga wilayah hutan dan lahan milik warga Dusun Wanat, Negeri Hitu, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, Senin (27/1). Tiga hutan yang terbakar adalah Kuali, Tengah dan Waisani, sejak pukul 14.00 WIT.

Kepala Polsek Leihitu Iptu Djafar Lessy yang dikonfirmasi Kabar Timur tidak mengelak. Dia mengatakan, tiga hutan milik warga itu berada kurang lebih 2 Km dari pemukiman warga Dusun Wanat. Sejumlah warga dirugikan atas peristiwa yang hingga kini belum diketahui penyebabnya tersebut.

“Menurut La Wan, bahwa dia mendengar informasi dari warga Wanat kalau telah terjadi kebakaran di hutan Kuali,” kata Lessy via telepon genggamnya, tadi malam.
Mendapat info itu, pria 40 tahun ini mengajak beberapa rekannya untuk menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP). Di lokasi kejadian, saksi dan sejumlah temannya melihat api sudah mengepung wilayah itu.

“Mereka melihat api sudah membesar dan banyak kepulan asap sehingga mengganggu penglihatan. Selanjutnya mereka mencari sumber air untuk memadamkan api yang terus menyebar,” jelasnya.

Peristiwa itu kemudian menyebar. Aparat Polsek Leihitu kemudian bergerak menuju TKP bersama sejumlah masyarakat pukul 17.00 WIT.

“Tim dipimpin Wakapolsek Leihitu Ipda Moyo Utomo. Personil dan masyarakat kemudian berupaya memadamkan api menggunakan alat seadanya,” jelasnya.

Data sementara, kebakaran itu menghanguskan sejumlah tanaman umur panjang dan penunjang hidup masyarakat seperti Cengkih, Pala, Durian dan Nenas.

“Sampai dengan saat ini beberapa titik api belum bisa dipadamkan dan beberapa masyarakat yang memiliki tanaman masih berada di lokasi kebakaran. Lahan terbakar diperkirakan seluas 6 hektar,” tandasnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga