Sekilas Info

Polres Buru Belajar Zona Integritas WBK di Ternate

Husen Toisuta/Kabartimur

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Guna mewujudkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK), puluhan perwira dan bintara Polres Pulau Buru melakukan Study Tiru ke Polres Ternate, pada Polda Maluku Utara, Kamis (23/1).

Rombongan dipimpin Kabag Reformasi dan Birokrasi Polda Maluku AKBP Robert F dan Wakil Kepala Polres (Wakapolres) Pulau Buru, Kompol Bachri Hehanussa.
Para Kabag dan Kasat yang ikut study tiru adalah Kabag Ren AKP A. Palambo, Kasat Lantas AKP U.S Biring, Kasat Reskrim AKP Uspril W.F, Kasat Intelkam IPTU Sirilus Atajalim dan Kasium IPDA Gabriel Girato.

“Rombongan juga terdiri dari para Kasi beserta Bintara masing-masing Satfung berjumlah 21 orang,” kata Kasubbag Humas Polres Pulau Buru Ipda Zulkifli Asril kepada Kabar Timur, Kamis (23/1).

Kegiatan study tiru zona intergritas WBK Polres Pulau Buru ke Ternate ini menyusul Polres Ternate termasuk salah satu instansi yang merupakan zona intergritas WBK.
“Rombongan study tiru disambut dan diterima langsung oleh Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda yang didampingi Wakapolres Ternate Kompol Jufri Dukomalamo serta para Kabag, Kasat serta Perwira dan personil staf Polres Ternate,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Ternate mengaku untuk mewujudkan zona WBK maka yang paling penting dilakukan adalah bagaimana caranya menarik dan mendapat simpatik masyarakat. Karena tanpa upaya tersebut, maka berbagai upaya yang dilakukan sia-sia.

“Tanpa simpatik masyarakat, kita tidak bisa berhasil, sekalipun penilaian yang lainya sudah memenuhi syarat,” kata Zulkifli mengutip pernyataan Kapolres Ternate.
Setelah memberikan wejangan, Kapolres Ternate memberikan kesempatan kepada Wakapolres Pulau Buru untuk memberikan gambaran apa saja yang telah dilakukan untuk mewujudkan Zona Integritas WBK.

Setelah mendengar pemaparan Wakapolres Buru, Zulkifli mengaku selanjutnya Kapolres Ternate memberikan 3 hal penting terkait akselerasi pembangunan Zona Intregritas WBK-WBBM yang dapat dilakukan dan ditiru Polres Buru.

Pertama adalah membangun komitmen semua anggota agar memiliki semangat yang sama, kemudian membangun suasana pelayanan yang aman dan nyaman, serta yang terakhir adalah melaksanakan program simpatik agar masyarakat sayang dan cinta kepada Polri.

“Setelah itu penjelasan teknis dari Wakapolres Ternate tentang Zona Integritas WBK secara administrasi yang dilanjutkan dengan pendalaman materi di masing-masing Satfung yaitu Pelayanan SPKT, Sat Intelkam (SKCK) dan Sat Lantas (Satpas SIM),” tandasnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga