Sekilas Info

Pemda Maluku Agendakan Pelatihan Calon Tenaga Kerja Blok Masela Tahap II

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Maluku, Farida Salampessy.

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Pemerintah Daerah Provinsi Maluku kembali mengagendakan pelatihan bagi 200 calon tenaga kerja dari Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) yang dipersiapkan untuk Blok Masela.

Pelatihan ini merupakan pelatihan tahap II dari total 400 calon tenaga kerja Blok Masela yang dipersiapkan.

Sebelumnya, 200 calon tenaga kerja juga sudah terlebih dahulu dilatih dan telah menyelesaikan pelatihan.

"Jadi kita rencanakan itu 400, 200 sudah selesai mengikuti pelatihan, tinggal 200 orang, 100 dari KKT dan 100 MBD. Dalam satu dua hari ini sudah dilaksanakan pelatihan kepada calon tenaga kerja di kedua daerah,"ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku, Farida Salampessy kepada awak media di kantor Gubernur Maluku, Ambon, Rabu (22/1).

Dikatakan, pelatihan tenaga kerja persiapan Blok Masela ini merupakan kerjasama antara Pemda Provinsi Maluku dengan BPJS Ketenagakerjaan dan Asosiasi Penylaur Tenaga Kerja.

Menurutnya, pelatihan ini dimaksudkan untuk ketersediaan tenaga keja Blok Masela. "Jadi kita punya ketersediaan tenaga kerja dulu, kemudian kita akan mendengar dari pada INPEX, dia butuhkan tenaga kerja apa saja, yang pastinya kita sudah siap. Setelah itu kan nanti kalau fisiknya sudah selesai, tenaga kerja dibutuhkan, kita mudah tindaklanjut,"ucapnya.

Terlepas dari hal tersebut, ditanya mengenai rencana Pemda Maluku untuk bekerjasama dengan PT. Techno Perdana Indonesia untuk pengembangan keterampilan tenaga kerja, mantan Kepala BPBD Provinsi Maluku itu mengatakan teekait hal tersebut masih dalam masa persiapan.

"Tanggal 15 kemarin ada rapat untuk mendengar bagaimana kapasitas PT Techno Perdana dalam melaksanakan perjanjian kerjasama. Dari kita sudah melaporkan kepada Gubernur, tinggal pak Gubernur mengarahkan untuk tindaklanjutnya,"tandasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga