Sekilas Info

Ombak Disertai Angin, Speedboat Sulit Sandar

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON,- Speedboat dan kapal motor laut di Pelabuhan Tahoku, Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), mengalami kesulitan sandar di dermaga atau lintasan pelabuhan akibat dari ombak besar disertai angin kencang yang terjadi di perairan itu.

Pantauan Kabar Timur di Pelabuhan Tahoku, Rabu (22/1), sejumlah speedboat dan kapal motor laut yang memuat penumpang dari Pulau Seram, terpaksa harus sandar tidak pada posisi biasanya.

Speedboat bisa sandar di dermaga jika air laut dalam posisi surut. Tapi jika air laut pasang, juru mudi speedboat dan motor laut tidak berani mengambil risiko.

Juru mudi malah lebih memilih lokasi yang aman agar bisa terhindar dari bahaya ombak besar yang datang menerjang dinding-dinding talud maupun areal pelabuhan.

"Iya, kita menurunkan penumpang kurang lebih 100 meter dari posisi pelabuhan. Karena di pelabuhan airnya pasang, makanya kita cari tempat yang dianggap lebih aman," kata salah satu awak speedboat jurusan Seram-Tahoku.

Kepala Koordinator Pelabuhan Tahoku, Sandi Ollong membenarkan hal tersebut. Dikatakan, ombak besar disertai angin kencang sudah terjadi sejak 19 Januari 2020 lalu.

"Sudah sejak 19 Januari 2020 kemarin. Speedboat yang masuk juga tidak banyak seperti biasa. Kami dari perhubungan mengingatkan untuk lebih berhati-hati dalam berlayar," katanya.

Dia juga mengimbau kepada para penumpang untuk memahami dan tidak panik ketika speedboat atau motor laut sulit sandar dan menunggu beberapa saat untuk bisa sandar. (MG3)

Penulis:

Baca Juga