Kapolres Pastikan Pilkada SBT dan MBD Aman

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Tahun ini terdapat 4 Kabupaten di Maluku yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di Indonesia. Adalah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Barat Daya (MBD), Buru Selatan dan Kepulauan Aru.

Dari 4 Kabupaten itu, dua diantaranya diyakini akan berjalan aman dan lancar pada pelaksanaannya nanti hingga berakhirnya perhitungan, bahkan sampai keputusan pemenang. Yaitu Kabupaten SBT dan MBD.

“Polres SBT tidak underestimate. Katong tidak pandang enteng. Kita sudah ambil langkah dengan cara lakukan kunjungan kerja ke desa-desa dan polsek-polsek. Dari situ supaya kita bisa cepat mencari tahu apa-apa yang nanti terjadi,” kata Kapolres SBT AKBP Adolof Bormasa, Jumat (17/1).

Berbagai upaya agar pilkada berjalan aman dan lancar, tambah Bormasa, telah dilakukan. Salah satunya juga melakukan jikir dan doa bersama. Kegiatan tersebut langsung menghadirkan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku Abdullah Latuapo.

“Kemarin ketua MUI kita undang untuk lakukan jikir dan doa bersama dalam rangka cipta kondisi. Beliau berikan tausiyah kepada ASN, TNI dan Polri.

Semua lapisan masyarakat hadir dan diberikan kesadaran. Saya juga sampaikan bahwa beda pilihan itu boleh tapi jangan sampai merusak tatanan kehidupan yang telah diturunkan oleh orang tua kita,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres MBD AKBP Norman Sitindaon, juga menyampaikan hal serupa. Dirinya bertekad jika pilkada yang akan berlangsung di wilayah hukumnya berjalan aman dan kondusif.

“Kita sudah siapkan personil keamanan. Sebanyak 280 personil kita siapkan dan tersebar di 8 Polsek. Kita akan siapkan pengamanan sebaik mungkin. Dan kita siap. Pilkada pasti berjalan aman,” yakinnya kepada wartawan.

Berbagai kegiatan preemtif, tambah Sitindaon, terus dilakukan dalam rangkah melakukan pencegahan dini melalui fungsi intelejen. Pihaknya juga menemui masyarakat dari desa ke desa, rumah ke rumah untuk memberikan sosialiasi dan himbauan.

“Kita lakukan himbauan, sosialasi, bertemu masyarakat agar mensukseskan pilkda. Juga melaui peran bhabinkamtibmas. Kita mengajak peran masyarakat agar menjaga kamtibmas.

Sehingga harus kita pastikan aman,” tegasnya.
Terkait netralitas, dua pimpinan Polri di Kabupaten SBT dan MBD itu memastikan jika pihaknya akan tetap netral dan tidak berpihak kepada salah satu calon kepala daerah. Jika kelak ditemukan ada anggota polri yang berpihak, maka akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku. (CR1)

Komentar

Loading...