Sekilas Info

BPK Maluku Gelar Workshop Media

KABARTIMURNES.COM,AMBON,- Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku menyelenggarakan workshop media bersama perwakilan wartawan sejumlah media yang ada di Maluku.

Kegiatan dengan tema "Mengenal BPK lebih dekat" itu dilaksanakan di kantor sementara BPK RI Perwakilan Maluku, kawasan Karang Panjang, Ambon pada Kamis (16/1)

Kepala BPK Perwakilan Maluku, Muhammad Abidin mengatakan, kegiatan workshop media telah direncanakan sejak dulu. Hanya saja, agenda kerja yang cukup padat sehingga mengharuskan kegiatan ini tertunda-tunda dan baru digelar pada hari ini.

"Ini juga bertepatan dengan HUT BPK ke-73 tahun, makanya kita upayakan untuk digelar di hari ini," kata Abidin

Menurutnya, tujuan adanya workshop media, agar media di Kota Ambon bisa lebih dekat dengan BPK. Dari kedekatan ini, diharapkan bisa menjadi penyambung dalam menyampaikan informasi seputar kinerja BPK ke publik.

"Baik itu soal pemeriksaan keuangan yang dilakukan BPK, soal sampai keluarnya opini WTP ataupun WDP, dan lainnya yang ada di BPK," ujarnya.

Soal pelayanan publik di BPK Perwakilan Maluku, Abidin mengaku, kebanyakan orang tahu, BPK seolah tertutup dan sulit untuk diperoleh informasi.

"Padahal, kenyataannya tidak seperti itu. BPK malah memberikan ruang untuk masyarakat maupun media. Tapi juga harus sesuai SOP yang ada," jelasnya

Dikatakan, jika ingin berkoordinasi atau melakukan wawancara dengan BPK, tidak etis jika informasi yang disampikan hanya lewat telepon atau WhatsApp.

"Silahkan ketemu langsung. Masukan pemberitahuan sesuai SOP lalu kita bicara. Ada kok ruang yang kami sediakan. Kita juga butuh media untuk mempublikasikan kinerja kita soal pemeriksaan BPK ke publik. Jadi kita tidak tertutup," tandasnya. (MG3)

Penulis:

Baca Juga