Awas Gelombang Tinggi 4 Meter di Laut Maluku

CUACA EKSTRIM: Gelombang tinggi akbat cuaca ekstrim pernah melanda Kota Ambon beberapa tahun lalu.

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, mengeluarkan peringatan dini (early warning) tinggi gelombang yang berpotensi terjadi hari ini hingga besok.

Gelombang tinggi 4 meter, bahkan bisa lebih, diprediksi bakal terjadi di perairan laut Banda, Kepulauan Kei hingga Aru, dan perairan laut Tanimbar, Maluku.

"Tinggi gelombang diprediksi mencapai 2,5 meter sampai 4 meter berpeluang terjadi di laut Banda, Kepulauan Kei hingga Kepulauan Aru dan peraian Tanimbar," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim, Ashar dalam rilisnya yang diterima Kabartimurnews.com, Sabtu (4/1).

Selain itu, gelombang setinggi 1,25-2,50 meter juga berpeluang terjadi di laut Seram, perairan Pulau Buru, Pulau Ambon, hingga perairan Selatan Pulau Seram.

Tinggi gelombang serupa, juga bisa terjadi di perairan laut Sermata sampai Leti hingga Kepulauan Babar dan Laut Arafura.

BMKG juga menyarankan keselamatan kepada warga. Masyarakat diharapkan memperhatikan resiko keselamatan pelayaran.

Untuk Perahu nelayan, BMKG memprediksi kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter. Kapal Tongkang 16 knot dengan tinggi gelombang 1.5 meter.

Sementara untuk Kapal Ferry kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter. Dan kapal berukuran besar seperti Kargo atau Kapal Pesiar, kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap waspada." (CR1)

Komentar

Loading...