Sekilas Info

Sambut Tahun 2020, Pemkab SBT Gelar Dzikir dan Doa Bersama

KABARTIMURNEWS.COM, BULA-Menyambut tahun baru 2020 Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menggelar dzikir dan doa bersama. Kegiatan Dzikir dan Doa bersama ini dipusatkan dihalaman pandopo bupati Kota Bula pada Selasa (31/12).

Kegiatan yang dibalut dengan tema "Refleksi Diri 2019 Guna Membentuk Jiwa dan Kebersamaan Hati Memasuki Tahun Baru 2020” ini dipimpin Hj. Aziz Rumalowak, ustadz Moksen Mahu, Ustadz Husen Watimena dan Abdul Muis Sulawesi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas, Kapolres SBT, AKBP Adolof Bormasa, SH., MH., Wakapolres SBT Kompol La Udin Taher, Dandim Penugasan Mayor Inf. Wasito, Kepala Pengadilan Tinggi Dataran Hunimua, Purwanto S Abdullah, Anggota DPRD Provinsi Maluku  Alimudin Kolatlena, Wakil Ketua II DPRD SBT Ahmad Voth seberta sejumlah anggota DPRD SBT, Ketua PKK SBT, Ny. Misa Keliobas, Ketua Bahayangkari cabang SBT, Ny.Corry Bormasa, jajaran TNI-Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), toko agama, toko pemuda serta warga Kota Bula lainnya.

Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya berharap kedepan Aparatur Sipil Negara yang bertugas di lingkup Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) segera merubah sikap dan pola kerja. Sikap terlambat dan malas masuk kantor yang sering dipraktekkan sejumlah ASN ditahun 2019 lalu harus ditinggalkan.

“Saya berharap kedepan ASN yang sering malas masuk kantor ditahun 2019 tidak lagi terjadi pada tahun 2020, apalagi saat ini sudah dapat tunjangan”, katanya.

Selain itu bupati Keliobas mengaku, sejumlah agenda pemerintahan yang masih tertunda ditahun 2019 akan diselesaikan pada tahun 2020. Salah satunya terkait pelantikan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih dijabat pelaksana tugas (Plt). Tak hanya itu, Keliobas mengaku, sejumlah OPD juga akan dilakukan evaluasi dalam waktu dekat.

"Secepatnya, dalam waktu dekat kita lakukan pelantikan karna hasil konsultasi dengan BKN sudah ada. Dan kadis maupun plt yang bermasalah atau kinerja kurang bagus juga kita evaluasi atau kita roling nanti kita lihat, meskipun meraka sudah mengikuti tes dan prosedur. Karna sesuai hasil konsultasi dengan BKN mereka katakan itu hak saya sebagai bupati untuk lakukan evaluasi, "ungkapnya

Bupati Keliobas mengatakan, ada sejumlah pihak mengatakan pemerintahan dibawah kendalinya gagal membangun daerah ini. Dengan tegas orang nomor satu di kabupaten berjuluk "Ita Wotu Nusa" itu membantah informasi tersebut. Menurutnya, pihak terkait tidak memiliki data yang akurat terhadap penilaian tersebut. Sebab, penilain Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan lainnya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan sesuai catatan Badan Pusat statistik (BPS).

"Perangkat pemerintah yang terdiri dari bupati, wakil bupati, sekda serta OPD telah melaksanakan tugas dan fungsi mereka dengan baik,"ujar Keliobas.

Ada upaya menggiring opini publik menjelang perhelatan pemilihan bupati dan wakil bupati pada September 2020 mendatang.

Keliobas menghimbau, menjelang pilkada 2020 bagi bakal calon bupati dan wakil harus saling memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat dan tidak saling menjatuhkan satu sama lain agar tahun 2020 Kabupaten SBT bisa lebih maju dan sejajar dengan kabupaten kota lain di Maluku.

Sementara itu, Kapolres SBT AKBP Adolof Bormasa dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan acara doa dan zikir bersama masyarakat SBT menjelang malam pergantian tahun. Dia berharap tahun 2020 ini dapat dijalankan dengan baik dan didapatkan semangat baru dalam melanjutkaen program pembangunan kedepan.

“ASN juga  meningkatkan komitmennya dalam membangun dan melaksanakan pelayanan yang baik kepada masyarakat Kabupaten SBT”, harapnya.

Mantan Kapolres Kep. Aru ini juga menambahkan, tahun 2020 jajaran polri siap ditempatkan diseluruh wilayah yang ada di kabupaten SBT. Ini karena hampir semua kecamatan telah dibangun Pos Polisi (Pospol) dan peningkatan Polsubsektor. Hal ini untuk memberikan rasa Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) bagi seluruh masyarakat dikabupaten Seram Bagian Timur. (KT)

Penulis:

Baca Juga