Sekilas Info

Duo Kekuatan Werinama “Hadang” MK

KABARTIMURNEWS.COM. BULA-Pilkada Seram Bagian Timur (SBT), September, 2020, mendatang, bakal seru. Bagaimana tidak, duo kekuatan politik besar asal.Kecamatan Werinama, siap menghadang, incumbent, Abdul Mukti Keliobas yang akrab disapa MK.

Kedua kekuatan politik Werinama itu, yakni: Fachry Alkatiri "FA" dan Abdullah Vanath "AV".

Modus FA dan AV mulai tampak dalam gerilya politik yang dilakoni belakangan ini.

FA dengan kekuatan jaringan politik dan finansial mencoba menghentikan MK memborong rekomendasi Parpol berkursi jumbo di DPRD SBT.

Sedangkan, kekuatan AV disetting untuk maju lewat jalur perseorangan. Di jalur perseorangan AV Putra Werinama, mantan Bupati SBT dua periode ini, akan tampil sebagai kandidat Calon Wakil Bupati. Sementara, kandidat Calon Bupati, yakni istrinya Rohani Vanath, Mantan Anggota DPR RI.

"Sosialisasi suami-istri maju lewat jalur perseorangan di Pilkada SBT sudah jalan. Bahkan dukungan KTP kedua pasangan sudah melebihi syarat untuk maju," ungkap salah satu pendukung Rohani-AV, kepada Kabar Timur di Bula, kemarin.

Kemungkinan head to head FA-Arobi Kilian dari jalur Parpol Vs Rohani-FA dari Perseorangan terbuka lebar.

"Dukungan basis massa tradisional MK cukup kuat. Hanya saja, dukungan Parpol untuk MK yang masih diragukan. Finansial politik MK juga minim. Itu masalah yang sudah terbaca lawan politik MK, " sebut dia.

Dengan fakta politik itu Pilkada SBT tidak berlangsung dengan
kotak kosong, FA punya lawan tanding dengan kandidat calon dari jalur perseorangan yang telah dirembuk sebelum.

"Kubu FA optimis Rekomendasi Golkar akan jatuh ketangan mereka. Juga sejumlah Parpol lainnya. Hampir semua Parpol berkursi tinggal dalam posisi eksekusi," sebut dia.

Satu-satu jalan untuk menyelamatkan MK hanyalah jalur perseorangan. "Tapi, jalur perseorangan ini terhadang oleh langkah Rohani-AV yang sudah lebih awal jalan," katanya.(KT)

Penulis:

Baca Juga