Sekilas Info

Hari Ini JR Lepas 336 Pemudik Gratis Namrole-Leksula

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON,-Mudik bareng bersama Jasa Raharja (JR) Cabang Maluku menyambut Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 akan berlangsung mulai hari ini, Kamis 19 Desember 2019. Pelepasan peserta mudik gratis tujuan Namrole dan Leksula Kabupaten Buru Selatan (Bursel) akan dilakukan sekira pukul 19:00 WIT di Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon.

"Hari ini, kami akan gelar pelepasan 336 calon penumpang yang terdaftar pada program mudik gratis Jasa Raharja. Pelaksanaannya dimulai sekira pukul 19:00 WIT di Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon," kata Kepala Cabang JR Maluku, Sigit Harismun dalam konfrensi pers nya bersama awak media di Ambon, kemarin.

Dia mengatakan, untuk Namrole dan Leksula, para penumpangnya diberangkatkan secara bersamaan dengan menggunakan armada kapal laut milik PT Pelayaran Dharma Indah. Untuk penumpang tujuan Leksula sebanyak 200 calon penumpang dan tujuan Namrole sebanyak 136 calon penumpang.

“Dua daerah ini berada pada pulau yang sama jadi langsung diberangkatkan secara bersamaan. Kita siapkan tiga armada milik PT Pelayaran Dharma Indah untuk mengangkut para pemudik,”ujarnya

Usai melayani pemudik tujuan Namrole-Leksula, Besok, Jumat 20 Desember 2019, JR Maluku akan kembali melakukan hal yang sama pada para pemudik tujuan Saparua Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Jumlah seat yang disiapkan untuk penumpang Saparua sebanyak 308 orang. Keberangkatan akan dilakukan di pelabuhan Tulehu, Malteng.

“Setelah Namrole dan Leksula, Jumat 20 Desember 2019, kami adakan kegiatan yang sama untuk penumpang tujuan Saparua. Keberangkatan dilakukan dari pelabuhan Tulehu,” jelas Sigit

Menurutnya, mudik bareng yang diterapkan JR Maluku merupakan salah satu upaya untuk mendukung program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dalam kaitannya dengan kepedulian menjelang hari-hari besar keagamaan. Selain itu juga, program ini penting untuk menekan angka kecelakaan di Maluku.

Dia mengaku, khusus untuk tujuan Saparua, calon penumpang yang baru terdaftar hanya sebanyak 56 orang. Sementara tujuan Namrole dan Leksula telah terisi sesuai jumlah seat yang ditetapkan JR Maluku.

“Semoga saja hari ini, calon penumpang tujuan Saparua bisa mendaftar mudik gratis JR, supaya seat yang disiapkan bisa terpenuhi. Caranya bisa mengirim pesan singkat melalui SMS ke alamat JR. Ada juga lewat offline di Pelabuhan Tulehu,” tutur dia.

Ditambahkan, program ini kedepan akan terus dilakukan pihak JR Maluku. Selain melalui jalur transportasi laut, JR juga akan mencoba dengan menggunakan transportasi darat.

“Untuk mudik gratis transportasi darat, nanti kita coba di tahun-tahun mendatang. Harapannya kedepan bisa berlanjut dengan berbagai tujuan,” pungkasnya. (MG3)

Penulis:

Baca Juga