Sekilas Info

Papan Lintasan Jembatan Mamua Hila Terbakar

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON,-Papan lintasan jembatan Mamua Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah ditemukan terbakar. Peristiwa itu terjadi sekira pukul 05:30 WIT, pada Senin (16/12).

Salah satu saksi mata Fajri Lating mengatakan, saat itu, dirinya (Lating) dalam perjalanan dari Kota Ambon menuju Negeri Hila. Sampai di jembatan berbahan dasar kayu itu, dia melihat api telah membakar papan jembatan tepat di atas lintasan dimana roda dua maupun roda empat melaju.

"Saya langsung menghentikan kendaraan dan memarkir motor di ujung jembatan. Saya turun untuk memastikan, ternyata benar ada papan yang terbakar," kata Lating kepada Kabar Timur.

Dia mengatakan, bertepatan dengan itu, ada sebuah mobil pick up tujuan Kota Ambon yang juga hendak melintasi jembatan.

"Karena takut ban mobil ikutan terbakar, saya dan sopir mobil pick up kemudian mengambil air lalu memadamkan api," ujarnya

Selang beberapa menit, sejumlah warga yang terbangun dari tidur kemudian keluar dan bersama-sama untuk menjinakkan api. Selain menggunakan air, juga dengan ranting-ranting pohon.

"Jadi warga juga tidak tahu adanya kebakaran itu. Tapi sekarang apinya sudah padam," tutur Lating.

Tidak ada kerusakan berat dari peristiwa itu. Hanya saja, kebakaran ini menambah banyaknya jumlah lubang pada sisi jembatan tersebut.

Sementara, apa penyebab dari kebakaran ini, sejumlah warga di kawasan itu mengaku tidak mengetahuinya.

"Kami tidak tahu. Tapi bisa saja, akibat puntung rokok atau sengaja di bakar orang. Puntung rokok karena memang papan kayu sudah sangat kering bahkan busuk, sementara sengaja dibakar karena kecewa jembatan Mamua dari tahun ke tahun bentuknya itu-itu saja. Kerusakan jalan dan jembatan tidak pernah ada perbaikan berarti. Kami pikirnya begitu," ungkap sejumlah warga. (MG3)

Penulis:

Baca Juga