Sekilas Info

Akibat Gempa 5,1 SR, 23 Bangunan Rumah Rusak Satu Korban Luka di Malteng

KABARTIMIRNEWS.COM,AMBON- Berdasarkan data sementara BPBD Maluku Tengah, akibat gempa berkekuatan 5,1 SR Selasa malam menyebabkan setidaknya 23 bangunan alami kerusakan.

Dirincikan Kepala BPBD Maluku Tengah, Bob Rahmat, di Kecamatan Salahutu, Desa 15 bangunan rumah warga di Desa Liang rusak berat dari sebelumnya rusak sedang, 5 bangunan rumah di Desa Tulehu alami rusak sedang dari sebelumnya rusak ringan.

Di Saparua Timur dua bangunan rumah warga serta satu gedung sekolah yakni Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 rusak.

Sementara untuk korban, kata Rahmat di Tulehu ada satu warga yang menjadi korban luka karena saat gempa terjadi korban loncat dari lantai dua bangunan rumah. "Tapi Alhamdulillah, sudah dirawat di rumah sakit dan sudah pulang,"ujarnya saat dikonfirmasi via seluler Rabu (13/11) malam.

Untuk data kolektif terkait korban maupun kerusakan, Rahmat mengaku sampai saat ini pihaknya masih melakukan pendataan termasuk meminta informasi dari kelurahan.

Terpisah, Plt Kepala BPBD Seram Bagian Barat (SBB), Nasir Suruali yang dikonfirmasi mengatakan untuk wilayah SBB, dampak gempa hanya ada satu korban luka.

Sementara untuk kerusakan infrastruktur, sesuai informasi yang diperolehnya tidak ada. "Satu orang yang luka dan sudah dilakukan perawatan di RSU Piru dan sudah pulang lagi ke rumah. Yang lain seperti infrastruktur tidak ada, hanya yang mengungsi saja tapi sekarang sudah normal lagi,"pungkasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga