Sekilas Info

Lima Kali Ambon Direntet Gempa Susulan

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Pasca gempa 5.1 SR mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya Selasa (12/11) pukul 19.10 WIT, tercatat hingga pukul 19.52 WIT telah terjadi lima kali gempa susulan.

Pasca gempa tektonik berkekuatan 5.1 SR, dilanjutkan gempa susulan pertama sekuat 3.3 SR, menyusul 3.5 SR, 2.7 SR, 2.6 SR dan 3.0 SR. Meski begitu, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Gempa rentetan itu kembali menciptakan gelombang pengungsi di kawasan Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Warga kabarnya telah menyelamatkan diri ke daerah ketinggian.

Berdasarkan analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon, menyebutkan episenter gempa selama 5 kali berturut-turut itu berada di wilayah berbeda di sekitar Pulau Ambon.

Titik gempa tersebar di laut maut maupun daratan dengan kedalaman yang sama yaitu 10 Km. Warga juga merasakan getaran gempa susulan mulai berskalan II-III MMI.

Hingga berita ini diterbitkan, belum diketahui dampak kerusakan yang disebabkan getaran gempa yang terjadi berturut-turut tersebut. (CR1)

Penulis:

Baca Juga