Sekilas Info

Kembali Diguncang Gempa, Sejumlah Bangunan di Ambon Rusak

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Sejumlah bangunan di Kota Ambon mengalami kerusakan akibat diguncang gempabumi berkekuatan 5,1 SR Senin (12/11) malam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kabar Timur, salah satu bangunan yang rusak adalah patung Johanes Leimena di Poka Ambon.

Patung tersebut mengalami kerusakan dinding yang terbuat dari batu marmer pada bagian tumpuan patung berdiri. Marmer terlepas dari badan bangunan.

Selain itu, di salah satu pusat perbelanjan yakni MCM Ambon juga mengalami kerusakan dimana bagian plafon ambruk.

Adanya kerusakan bangunan ini juga dibenarkan Kepala BPBD Kota Ambon, Demy Paays saat dikonfirmasi. "Kalau gedung iya ada (yang rusak),"jawabnya via seluler Senin malam.

Hanya saja, Paays mengaku hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui secara pasti berapa banyak bangunan yang rusak karena masih dilakukan pendataan. "Untuk sementara data belum rampung, masih cek dari kelurahan masing-masing,"ujarnya.

Meski belum ada laporan pasti, Paays brerharap akibat guncangan gempa Senin malam itu tidak ada korban. "Insya Allah tidak ada korban,"tandasnya.

Sebagaimana diketahui, gempa tektonik bekekuatan 5.1 SR kembali mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya, Selasa (12/11) pukul 19.10 WIT.

Berdasarkan analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon, menyebutkan episenter gempa berada pada lokasi 3.49 LS-128.35 BT atau 16 km Selatan Kairatu-SBB, 30 km Timurlaut Ambon.

Titik gempa terjadi pada kedalaman 10 Km. Gempa tersebut dirasakan masyarakat di Pulau Ambon dan sekitarnya dengan skala IV MMI dan tidak berpotensi tsunami. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga