Sekilas Info

Anggaran Perbaikan Kerusakan Fasilitas Umum dan Pemerintahan 200 Miliar Lebih

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Kepala Dinas PUPR Provinsi Maluku, Ismail Usemahu mengatakan anggaran perbaikan kerusakan fasilitas umum maupun fasilitas pemerintahan yang rusak akibat gempa berkekuatan 6,8 magnitudo di tiga wilayah di Maluku 26 September lalu mencapai Rp. 200 Miliar lebih.

Hitungan nominal anggaran perbaikan ini diluar dari anggaran perbaikan rumah warga yang rusak.

Sebagaimana diketahui dari data terakhir hasil verifikasi lapangan BPBD Maluku, tercatat kurang lebih 500 lebih fasilitas umum dan pemerintahan alami kerusakan baik ringan, sedang hingga berat akibat gempa.

"Hitungan anggaran perbaikan fasilitas umum dan pemerintahan yang rusak akibat gempa seperti Rumah Sakit, sekolah, pasar maupun gedung pemerintahan itu sebesar 200 miliar lebih. Itu (hitungan anggaran) di luar rumah warga,"ungkap Usemahu saat dikinfomasi di Ambon, Rabu (6/11).

Hitungan anggaran perbaikan itu diakuinya sufah disampaikan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Sekarang tinggal menunggu. Nanti akan dikoordinasikan ditingkat pusat. Karena itu ada kewenangan-kewenangan melalui kementerian terkait, seperti Kementerian Pendidikan, Kementerian Kesehatan sesuai fasilitas umum yang rusak itu,"tandasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga