Sekilas Info

Dirreskrimum Polda Maluku Kini Dijabat Sih Harno

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, melalui video telekonferensi dari Mabes Polri, Jakarta, resmi menyerahterimakan jabatan Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Kombes Pol Antonius Wantri Yulianto kepada Kombes Pol Sih Harno.

Serah terima jabatan yang disaksikan Wakil Kepala Polda Maluku Brigjen Pol Teguh Sarwono ini, berlangsung di Ruang Rapat Utama Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Selasa (5/11).

Yulianto dimutasikan tanpa jabatan atau hanya sebagai perwira menengah (pamen) pada Polda Maluku. Mutasi terjadi berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2853/X/KEP./2019 tanggal 21 Oktober 2019.

Sebelumnya, Yulianto sempat dinonaktifkan karena diduga melakukan kesalahan prosedur penanganan kasus pembobolan dana nasabah BNI Kantor Cabang Utama (KCU) Ambon.

Jabatan Utama Polda Maluku itu terhitung hari ini dijabat Kombes Pol Sih Harno yang sebelumnya menjabat sebagai Kabidkum Polda Maluku. Posisi Harno digantikan AKBP Michael Ken Lingga yang dulunya menjabat Wadirbinmas Polda Maluku.

Selain Dirreskrimum, pergantian atau mutasi jabatan juga terjadi pada Kapolres Maluku Tengah, Seram Bagian Timur dan Kepulauan Aru. Pergantian sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2855/X/KEP./2019 tanggal 21 Oktober 2019.

Kapolres Maluku Tengah yang dijabat AKBP Raja Arthur Lumongga, kini dijabat AKBP Hendrik Purwono yang sebelumnya menjabat Kasubbidwabprof Polda Maluku. Arthur sendiri menjabat Wadir Pamobvit Polda Maluku.

Kapolres Kepulauan Aru juga telah berganti hari ini. Adalah AKBP Eko Budiarto yang dulunya menduduki jabatan Kasubdit IV Ditintelkam Polda Maluku. Dia menggantikan AKBP Adolof Bormasa yang akan menjabat Kapolres Seram Bagian Timur.

Sementara AKBP Saminata sendiri juga akan diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadirsamapta Polda Maluku sepulang dari ibadah Umroh di Tanah Suci, Mekah, Arab Saudi.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat mengatakan, pergantian atau rotasi jabatan merupakan hal yang biasa di tubuh organisasi Polri. Ini dilakukan dalam rangka penyegaran.

"Yang belum dilantik itu Kapolres SBT. Karena beliau sedang melaksanakan umroh. Nanti kalau sudah kembali baru dilakukan sertijab dari AKBP Saminata kepada AKBP Adolof Bormasa," kata Ohoirat.

Menurutnya, dalam paparan Kapolda melalui video telekonferensi, berpesan kepada pejabat baru agar secepatnya menyesuaikan diri dengan amanah yang diberikan.

Selain itu, tambah Juru Bicara Polda Maluku ini, pejabat baru juga diharapkan dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diemban sesuai dengan tupoksinya

"Kapolda menyampaikan terimakasih kepada pejabat lama atas dedikasi tugas dan pekerjaan yang telah dilakukan," tandasnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga