Sekilas Info

Daud Sangadji Dilantik sebagai Raja Negeri Rohomoni

Foto: IstimewaBupati Maluku Tengah Abua Tuasikal melantik dan mengambil sumpah M. Daud Sangadji sebagai Kepala Pemerintahan/Raja Negeri Rohmoni di Baileo Sahari, Negeri Rohomoni, Senin (4/11).

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - M. Daud Sangadji resmi menjabat Kepala Pemerintahan/Raja Negeri Rohmoni, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.
Pelantikan Daud Sangadji sebagai raja oleh Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal, Senin (4/11), digelar di Baileo Ashari Negeri Rohomoni.   Pelantikan Daud Sangadji berdasarkan surat keputusan Bupati Maluku Tengah Nomor 141–711 Tahun 2019 tentang Pengesahan Kepala Pemerintah Negeri Rohomoni, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.
Daud Sangadji dilantik dan diambil sumpah sesuai keputusan Saniri Negeri Rohomoni Nomor 141/05/SNR/X/2109 tanggal 31 Oktober 2019 tentang Penetapan Kepala Pemerintah Negeri Rohomoni.
Proses pelantikan juga berdasarkan amanat Pasal 38 ayat (1) Peraturan Daerah Kabupaten Malteng Nomor 03 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan dan Pelantikan Kepala Pemerintah Negeri.
Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya prosesi pelantikan M. Daud Sangadji sebagai Raja Negeri Rohomoni.
“Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas karunia yang diberikan Allah kita masih diberi kesempatan, kekuatan dan kesehatan untuk menghadiri acara pelantikan pengambilan sumpah jabatan yang diamanatkan kepada saudara M. Daud Sangadji. Prosesi ini berlangsung lancar dan sukses,” kata bupati.
Atas nama pemerintah daerah, bupati menyambut baik terlaksananya pelantikan ini. Menurutnya, proses yang telah dilaksanakan ini merupakan manifestasi dari tata kelola pemerintahan, khususnya Pemerintah Negeri Rohomoni dan umumnya Kabupaten Maluku Tengah.
“Prosesi ini sekaligus mengukuhkan eksistensi Negeri Rohomoni sebagai salah satu Negeri Adat di Kabupaten Maluku Tengah,” tegas orang nomor satu di bumi Pamahanunusa ini.
Bupati menegaskan, pasca pelantikan Kepala Pemerintahan Negeri Rohomoni, semua permasalahan yang menyangkut dengan pemerintahan di Negeri Rohomoni sudah selesai.
“Artinya semua proses pelantikan ini sudah sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” jelasnya.
Bupati berharap, dengan terpilihnya M. Daud Sangadji selaku Kepala Pemerintahan di Negeri Rohomoni, proses pemerintahan dapat dijalankan sebaik-baiknya. Terutama, dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat negeri, sehingga kebutuhan masyarakat dapat dijalankan dengan baik.
Proses pelantikan M. Daud Sangadji berlangsung khidmat. Negeri berjuluk Mandalise Haitapessy ini mengalami kekosongan kepala pemerintahan selama dua tahun. Pengukuhan dan pelantikan juga berlangsung secara adat oleh tokoh-tokoh adat Negeri Rohomoni.
Pelantikan dihadiri Muspika Pulau Haruku, ratusan  tokoh adat, Raja Negeri Tuhaha (Sasabone), Kecamatan Saparua Timur sebagai pela dari Negeri Rohomoni.
Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah Rakieb Sahubawa dan
sejumlah pimpinan OPD juga hadir mendampingi bupati.
Ikut hadir pula Ketua sementara DPRD Maluku Tengah Fatsa Tuankotta dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Aziz Sangkala. (KT)

Penulis:

Baca Juga