Sekilas Info

Akibat Gempa Rumah Hayati Ludes Terbakar

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Hayati, kala itu sedang memasak air. Ia tiba-tiba dikejutkan dengan guncangan gempa. Ibu tiga orang anak ini lari menyelamatkan diri. Tak sadar bahwa kompor yang ditinggalkan sedang menyala. Rumahnya ludes terbakar, Rabu (2/10) pukul 21.00 WIT.

Rumah ibu rumah tangga ini berada di Dusun Hurnala, Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Kini ia bersama seorang putri dan dua putranya hanya mengenakan pakaian di badan.

Seluruh harta benda Hayati, ibu dari seorang anak penghafal (hafiz) Alquran 30 juz ini tidak ada yang selamat. Sebab, saat kebakaran, seluruh warga sedang melarikan diri akibat guncangan gempa tersebut.

"Pemilik tidak sempat menyelamatkan barang-barang dan warga tidak sempat membantu korban dikarenakan semua warga yang ada di area kompleks tersebut telah mengungsi karena peristiwa gempabumi beberapa hari yang lalu," kata Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Ipda Julkisno Kaisupy, Kamis (3/10).

Hayati sebelumnya mengungsi di hutan ewang Desa Tulehu, pasca gempabumi berkekuatan 6.8 SR, Kamis (26/9) lalu. Setelah mengetahui gempa mulai aman, dirinya kemudian turun ke rumahnya. Saat itu dirinya langsung memasak air.

"Saat sedang memasak air, gempabumi kembali terjadi sekitar pukul 20.50 WIT. Korban panik dan keluar meninggalkan rumahnya sehingga terjadinya kebakaran," katanya.

Kebakaran tersebut diduga terjadi akibat kompor yang sedang menyala terjatuh hingga merembet  ke dinding papan.

"Rumah teebakar habis karena fisik bangunan rumah terbuat dari dinding Papan dan beratapkan daun sagu dengan ukuran luas bangunan rumah 5 X 7 sehingga dengan mudah api meraup seisi rumah tersebut," katanya. (CR1)

Penulis: kabartimur

Baca Juga