Sekilas Info

Masyarakat Banda Kirim Bantuan Untuk Korban Gempa di Suli-Banda

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Masyarakat Kecamatan Banda Neira di Pulau Banda mengirimkan bantuan untuk korban gempa di Kompleks Suli-Banda, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon.

Bantuan dari masyarakat Banda Neira ini disalurkan melalui LSM Betapuang-Orantata dan Himpunan Mahasiswa Banda Neira (HMBN) yang ada di Kota Ambon langsung ke lokasi terdampak di kompleks Suli-Banda, Desa Suli, Selasa (1/10).

Sebagaimana diketahui, tiga wilayah di Maluku diguncang gempabumi berkekuatan 6,8 magnitudo pada Kamis 26 September pekan lalu hingga menyebabkan puluhan jiwa melayang, ribuan rumah warga rusak dan ratusan ribu jiwa terpaksa mengungsi ke lokasi-lokasi pengungsian.

Salah seorang perwakilan masyarakat Banda Neira, Fadli Fakih mengatakan bantuan yang diberikan kepada korban gempa di kompleks Suli Banda itu berupa bahan-bahan makanan berupa beras, mie instan, telur, air mineral hingga terpal dan uang santunan.

Bantuan ini merupakan hasil sumbangan yang dikumpulkan dari masyarakat yang ada di tiap-tiap desa dan sekolah di Kecamatan Banda.

"Tadi kami mewakili masyarakat Banda Neira telah menyerahkan bantuan dari masyarakat Banda berupa 6 karung beras 50 kg, telur 60 rak, air mineral 60 karton dan mie instan 75 karton, terpal dan uang santunan kepada basudara kita di Suli Banda yang menjadi korban bencana alam gempabumi,"ungkapnya saat menghubungi Kabar Timur Selasa malam.

Bantuan tersebut lanjut dia, diserahkan langsung kepada Ketua 19, 20, 21, 22, 23 dan 24 yang menjadi lokasi bermukim warga Suli Banda.

Lebih jauh dijelaskannya, sesuai data dari Posko Penanganan Bencana Suli-Banda, tercatat sebanyak 299 Kepala Keluarga (KK) yang mengungsi ke lokasi pengungsian.

Sementara jumlah rumah yang rusak tercatat sebanyak 196 unit. "Sampai sekarang mereka masih menempati lokasi pengungsian di tanah lapang karena belum berani kembali ke rumah,"sambungnya.

Sementara, Sekretaris Posko Penanggulangan Bencana Suli - Banda, Dedy F. Rikumahu mewakili warga Suli - Banda menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga untuk masyarakat Banda Neira karena sudah bahu membahu menolong warga Suli - Banda. "Ini bukti warga Banda saling sayang menyayangi tanpa membeda-bedakan agama. Terimakasih atas semua bantuannya, semoga Allah SWT, tuhan yang maha esa selalu melindungi kita semua,"tandasnya. (RUZ)

Penulis: kabartimur
Editor: kabartimur
Photographer: kabartimur

Baca Juga