Sekilas Info

Pempus Santuni Korban Gempa 15 Juta Per Ahli Waris

KAKABRTIMURNEWS.COM,AMBON,- Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan santunan korban meninggal gempa Ambon, Maluku Tengah (Malteng) dan Seram Bagian Barat (SBB) per ahli waris masing-masing sebesar Rp 15 juta.

Santunan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita kepada para ahli waris saat berkunjung ke lokasi pengungsian warga di lapangan sepakbola Hatukau, Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Senin (30/9).

“Data yang kami peroleh, sebanyak 34 orang warga Maluku yang meninggal dunia akibat dari gempa 26 September 2019 lalu. Nah, kami datang ke Ambon selain membawa bantuan logistik untuk para pengungsi dan bantuan untuk korban material, juga memberikan santunan sebesar Rp 15 juta kepada ahli waris keluarga korban meninggal gempa,” kata Agus

Dia mengaku, Presiden Joko Widodo menyampaikan salamnya kepada masyarakat Maluku terutama kepada warga yang keluarganya meninggal dunia akibat gempa. Tentunya, musibah ini adalah cobaan Tuhan untuk bagaimana mahluk ciptaan-Nya lebih baik lagi dalam menjalani kehidupan duniawi.

“Saya mau katakan bahwa, pak Presiden Jokowi menyampaikan salamnya kepada masyarakat Maluku yang terkena dampak gempa. Maluku tidak sendiri menghadapi cobaan ini. Lewat bantuan ini, semoga bisa bermanfaat untuk keluarga korban yang ditinggalkan. Kami akan selalu berdoa semoga arwah mereka diterima disisi Allah SWT Tuhan YME,” ujarnya.

Jumlah korban meninggal dampak gempa Maluku yang berasal dari Kota Ambon yakni Gabriel Nanlohy (balita), Mateis Pieter Frans, Haja Kebo, Narti Rumain, Frans Massi, Messy Lethora, Azana. M (balita), Jahia, M.Zulkarnaen Holle (balita), dan F (balita) Emus Elwar dan Ariance Resbal.

Korban meninggal dari Kabupaten Seram Bagian Barat sebanyak diantarnay Hj. Samsia, Johan Pelana, Neles Kainama, Petronela Sahetapy, Karel Muster dan Tuniasu.

Untuk Kabupaten Maluku Tengah, korban meninggal yaitu Hamid Waitawa, Aisa Maruapey, La Nai, Tine Tuasela, Minggus Souhoka, Sami Kadidu, Halima Samuel, Wa Ona, Hasam Laisow, Hamid Laisow, La Ode Ana Gani, Mansur Marasabessy, Nabir Bugis dan Salbia Ollong. (MG3)

Penulis: kabartimur
Editor: kabartimur
Photographer: kabartimur

Baca Juga