Sekilas Info

AMM Demo di DPRD Maluku Tolak Revisi UU KPK & RUU KUHP

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Ratusan mahasiswa mangatasnamakan diri, Aliansi Mahasiswa Maluku (AMM), Senin (30/9) mendatangi kantor DPRD Maluku. Kedatangan mereka untuk menolak revisi UU KPK dan RUU KUHP.

Kedatangan AMM dari berbagai universitas di Kota Ambon di lembaga politik itu, sekira pukul 10. 20 WIT. Hanya saja, AMM tidak diperbolehkan masuk di halaman atau didalam kantor DPRD Maluku, karena pintu masuk di kantor lembaga politik itu ditutup. Mereka hanya menyampaikan aspirasi dibawah terik matahari di luar pagar kantor dewan.

Ratusan aparat Kepolisian ikut mengamankan aksi Demo AMM. Tampak satu unit mobil Water Canon disiagakan untuk menghalau para pendemo."Jangan coba-coba sirami kami dengan air. Banyak intel Polisi, jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu tidak benar,"ingat salah satu orator.

Para pendemo menyesalkan pihak Kepolisian dan dewan yang menutup pintu bagi mereka."Kita tidur di kantor ini. UU menjamin menyampaikan pendapat di muka umum. Jangan kami dihalangi,"tegas orator yang lain.

Mereka kemudian menuntut lembaga politik itu agar segera dibubarkan."Kalau kita diam semakin diinjak-injak. Lembaga ini harus dibubarkan. Kalian penghianatan negara.Ijinkan kami masuk. Mari kita hearing bersama-sama,"tegasnya.

Meski pihak Kepolisian dan DPRD Maluku, mengijinkan sekitar 50 perwakilan masuk menemui anggota DPRD Maluku, namun ditolak pendemo."Kami tidak mau diwakili. Kami harap semua masuk untuk menyampaikan tuntutan kami. Ayo buka pintu. Buka, buka pintunya,"teriak pendemo.

Dikatakan, kedatangan mereka karena revisi UU KPK, sangat melemahkan eksistensi lembaga anti rasuah itu memberantas koruptor."Jangan melindungi para koruptor,"tegas orator yang lain.

Salah satu orator Rani Madubun menegaskan, aksi yang dilakukan gerakan murni. Menurut mahasiswi asal Unpatti Ambon itu, revisi UU KUHP sangat mengkerdilkan kaum perempuan."Perempuan pulang malam dipidana. Begitu juga suami isteri dipidana. Perempuan harus tolak revisi UU KUHP,"tegasnya.

Hingga saat ini AMM, masih menggelar aksi demo.(KTM)

Penulis:
Editor: kabartimur
Photographer: kabartimur

Baca Juga