Sekilas Info

Dilanda Gempa 6,8 SR, Maluku Dapat Bantuan 1M dari BNPB

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (27/9) memberikan bantuan senilai Rp. 1 Miliar untuk membantu korban gempa di Maluku.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Munardo dan diterima Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Penyerahan bantuan ini dilangsungkan di ruang transit VVIP Bandara Internasional Pattimura Ambon, Jumat (27/9) usai sebelumnya Munardo dan Gubernur meninjau sejumlah lokasi yang terkena dampak gempa terparah di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah dan Kota Ambon.

Selain bantuan senilai Rp. 1 miliar, BNPB juga kata mantan Pangdam XVI/Pattimura itu, BNPB akan mengirimkan 1 unit Rumah Sakit (RS) Lapangan lengkap dengan perlengkapan. "Tidak termasuk perlengakapan medis. Tempat tidur, matras dan sebagainya,"ujarnya kepada awak media di ruang transit VVIP Bandara Internasional Pattimura Ambon, Jumat siang.

1 Unit RS Lapangan ini kata Munardo terdiri dari tujuh tenda.

Selain itu kata Munardo menambahkan, BNPB juga memberikan bantuan berupa 30 unit tenda lapangan yang tiap tendanya bisa menampung sekitar 30 personil. "Jadi itulah yang kira-kira bisa dilakukan BNPB oleh BNPB termasuk mengirimkan tim untuk melakukan penilaian terhadap kerusakan-kerusakan yang ada sesuai ketentuan supaya BNPB bisa memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami kerusakan rumah, baik yang rusak berat, rusak sedang maupun rusak ringan,"tandasnya.

Disamping itu juga, ditambahkannya, BNPB akan berikan fasilitas umum seperti pendidikan melalui lembaga yang memiliki kewenangan. (RUZ)

Penulis: kabartimur
Photographer: kabartimur

Baca Juga