Sekilas Info

Api Kepung Hutan Seram

Foto: IstimewaKebakaran hutan di Pulau Seram

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di beberapa titik pegunungan yang berada di Pulau Seram. Api mengepung kawasan hutan Saleman, Kecamatan Seram Utara, Pasanea, Kecamatan Seram Utara Barat dan Seti, Seram Timur, Kabupaten Maluku Tengah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kabar Timur, hingga malam ini, sejumlah titik api diketahui masih menyala di Saleman. Bahkan ada yang menyebutkan jika karhutla sedang melanda Pasanea dan Seti.

"Infonya kebakaran di Saleman sampai malam ini masih terjadi. Sudah terjadi selama satu minggu. Diperkirakan kebakaran hutan sudah mencapai 450 hektar. Ada juga di Pasanea," kata Sumber sambil mengirimkan foto kebakaran kepada Kabar Timur, Kamis (19/9) tengah malam.

Bapak Riil, Sekretaris BPBD Maluku Tengah yang dihubungi Kabar Timur via selulernya, mengaku belum mengetahui pasti adanya kebakaran tersebut hingga malam ini.

Tapi menurutnya, siang tadi terjadi karhutla di Saleman tepat di KM 12. Sebelumnya karhutla juga terjadi dan telah berhasil diredam di KM 14, 13, 12, 11 dan 10.

"Tadi siang di kilo 12 tapi dong su padamkan. Kalau Saleman nanti kalau sudah dapat iformasi beta (saya) kabarkan. Tapi hanya ada satu titik di KM 12," kata Riil.

Satu titik karhutla yang terjadi tadi tepat di petuanan Hurale, Saleman. Dia mengaku pihaknya terus berupaya meredam api jika terjadi.

"Upaya terus dilakukan. Besok pagi itu ada kunjungan Kapolres untuk tinjau di sana," ujarnya.

Riil belum dapat memastikan penyebab kebakaran tersebut. Tapi dia mengaku, 4 Bulan belakangan ini kawasan terbakar dilanda kekeringan.

"Penyebabnya masih diselidiki. Yang jelas selama 4 bulan ini terjadi kekeringan karena di sana panas," katanya.

Menurutnya, rata-rata karhutla melanda kawasan rumput ilalang. Sisanya tanaman liar lain.

"Yang terbakar banyak rumput ilalang 70 persen, sisanya tanaman liar lain. Jadi 70 ilalang 30 dia variasi," tandasnya.

Sementara itu, Kabar Timur yang mengkonfirmasi peristiwa itu dengan cara mengirim foto karhutla yang diterima kepada Kasat Reskrim Polres Maluku Tengah AKP Syahrul, tidak mengelak. Ia membenarkan terjadinya karhutla tersebut.

"Iya benar. Di seti (seram timur) & pasanea. Bentar saya kasih yak, masih ada giat sama pak Kapolres," tandasnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga