Sekilas Info

Ketika Murad Berbagi Pengalaman Dengan Siswa SMAN 2 Ambon

Foto: IST

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Banyak konsumsi ikan maka tentu akan cerdas, karena itu saya imbau para siswa selain banyak belajar tetapi juga harus banyak makan ikan karena potensi perikanan kita sangat baik.

Gubernur Maluku Murad Ismail berbagi pengalaman dengan ratusan siswa SMAN 2 Ambon dalam kegiatan reuni angkatan 1979-1982. Murad merupakan alumni SMAN 2 itu menyatakan kebanggannya menjadi siswa salah satu sekolah unggulan di kota Ambon.

“Sekarang SMAN 2 merupakan sekolah favorit sekaligus unggulan di Ambon, kalau dulu bisa dikatakan sekolah buangan jika siswa tidak diterima di SMAN 1,” katanya di Ambon saat bertatap muka dengan siswa dan guru, Jumat.

Ia menjelaskan, penelitan Institut Teknologi Bandung (ITB) menyatakan orang yang banyak makan ikan tingkat kecerdasannya di atas rata-rata dan itu ada pada orang Maluku.

“Banyak konsumsi ikan maka tentu akan cerdas, karena itu saya imbau para siswa selain banyak belajar tetapi juga harus banyak makan ikan karena potensi perikanan kita sangat baik,” ujarnya.

Diakuinya, jika mau berusaha belajar maka kesuksesan secara tidak langsung akan terwujud, yang terpenting tidak boleh sombong dan tidak meremehkan teman.

“Siapa yang mau sangka seorang Murad Ismail yang malas belajar bisa menjadi Kapolda Maluku kemudian dipercaya menjadi Dankor Brimob dan saat ini menjabat Gubernur Maluku. Jika kita mau belajar maka masa depan akan terbuka lebar,” katanya.

Usai berbagi pengalaman dengan para siswa, gubernur Maluku berkesempatan menghibur siswa dan guru dengan dua lagu.

Kegiatan reuni alumni SMAN2 angkatan 1979-1982 selain diisi dengan “bastori” dengan gubernur Maluku, tetapi juga alumni lainnya yang telah berhasil di bidang masing-masing, memberikan motivasi kepada siswa dan guru dialog bagimana gaya pendidikan dan kepemimpinan belajar dari jaman dulu, yang berjuang untuk meraih masa depan.

Para alumni dari luar Ambon yang telah berkiprah di berbagai bidang, yang berbagi motivasi dengan para siswa.

Rangkaian kegiatan reuni dimulai dengan kegiatan jalan santai yang dimulai dari lapangan merdeka Ambon dan berakhir di sekolah, diikuti Gubernur Maluku, seluruh alumni, para siswa dan guru. Selanjutnya dilakukan penanaman pohon di area lingkungan sekolah, alumni juga memberikan bantuan buku bagi perpustakaan sekolah.

Kepala Sekolah SMAN 2 Ambon Petrus Sapulette menyatakan, majunya sebuah sekolah tidak terlepas dari peran alumni. “Prinsipnya sekolah sangat mendukung seluruh kegiatan yang dilakukan para alumni untuk meningkatkan motivasi, minat dan bakat siswa,” katanya.

Ditambahkannya, setiap kegiatan alumni tentu ada kontribusi baik secara materi maupun dukungan moril bagi para siswa. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga