Sekilas Info

Duo Orno Tak Kunjung Masuk “Kandang Banteng”

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON-Tujuh posisi di struktur DPD PDIP Maluku  belum terisi. Banyak spekulasi kader terbaik partai berlambang “Banteng Kekar Mocong Putih” itu, belum masuk struktur.

Selain masih menunggu Rusdi Ambon, pensiun dari Aparatur Sipil Negara (ASN), sejumlah kader yang belum masuk struktur, karena tidak tegak lurus saat pemilihan Gubernur Maluku, hingga ada perimbangan ditubuh struktur.

‘’Memang pak Murad, masih menunggu dan cari figur yang tepat masuk struktur,’’kata kader PDIP, kepada  Kabar Timur, kemarin. Merasa nama mereka tak kunjung masuk struktur,  intensitas lobi ke ketua DPD PDIP Maluku, Murad Ismail, agar bisa masuk struktur, terus dilakukan, namun, lagi-lagi ditolak Murad, sebutnya.

Salah satunya, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno dan adiknya Alex Orno yang juga anggota DPRD Maluku dari fraksi PDIP. Kakak beradik ini belum masuk struktur PDIP pimpinan Murad. Kabarnya, Murad  ogah duo Orno masuk kandang Banteng. ‘’Itu salah satu alasanya,’’jelasnya.

Bahkan, sebut dia, Barnabas Orno, bekas Bupati Maluku Barat Daya itu, pernah  mendatangi Murad. Kedatangan Barnabas, bukanya meminta dirinya masuk struktur.’’Tapi, memohon ke Murad, meski dirinya tidak masuk adiknya bisa masuk. Tapi, ditolak,’’terangnya.

Ironisnya, ditengah duo Orno tak masuk struktur, rival Orno, Benyamin Noach yang kini menjabat Bupati MBD, leluasa masuk struktur. ‘’Saat pelantikan pengurus Noach tidak hadir, tapi beberapa waktu lalu, Noach dilantik bersama Debi Latuconsina oleh Murad di DPD PDIP Maluku, belum lama ini,’’jelasnya.

Sebagaimana diberitakan Kabar Timur, sebelumnya, sejumlah posisi penting distruktur Banteng “Kekar Moncong Putih,” masih kosong dan hingga kini belum terisi. 

Pasca penunjukan Gubernur Maluku, Murad Ismail sebagai Ketua DPD PDIP Maluku, saat Konferda lanjutan, medio Juli 2019 lalu, sejumlah posisi strategis di partai pimpinan Megawati Soekarno Putri itu, masih kosong atau belum terisi. 

Selain dinamika, perubahan posisi sekretaris dan bendahara DPD PDIP Maluku, ditengah jalan, kini hangat dibicarakan diinternal PDIP, soal kader partai yang belum masuk dikomposisi kepengurusan DPD PDIP Maluku. Ini karena, tujuh posisi di struktur, hingga kini belum terisi.

Padahal,  Murad ketika memberikan sambutan saat pelantikan pengurus DPD PDIP Maluku, orang pertama di daerah ini menyebut, sejumlah posisi yang belum terisi akan diisi secepatnya.’’Saya akan merubah wajah PDIP. Siapa yang belum masuk struktur, bisa lobi saya,’’kata Murad ketika itu.

Ada sederet kader PDIP, yang belum masuk distruktur. Sebut saja, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, anggota DPRD Maluku, Efert Kermite, mantan Ketua DPC PDIP Kota Ambon, James Maatita, mantan Sekretaris DPC Kota Ambon, Jafri Tahitu, dan sejumlah kader lainnya.

‘’Saat ini James dan Jafri  bersama sejumlah kader lainnya gelisah. Mereka lobi tapi Pak Murad belum terima masuk di struktur,’’kata salah satu kader PDIP ketika berbincang-bincang dengan Kabar Timur. (KTM)

Penulis:

Baca Juga