Sekilas Info

Desak OJK Uji Direksi & Komisaris BM-Malut

Istimewa/Kabartimur

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON-Otoritas Jasa Keuangan (OJK), didesak melakukan fit and proper test, Direksi dan Komisaris Bank Maluku-Maluku Utara (BM-Malut), agar mereka yang ditunjuk segera bekerja melakukan pembenahan di tubuh bank milik daerah itu.

‘’Kita desak  OJK segera menguji Direksi dan Komisaris BM-Malut. Kita harap Direksi dan Komisaris yang baru melakukan pembenahan ditubuh BM-Malut,’’kata salah satu anggota Komisi C DPRD Maluku, Ridwan Elis, kepada Kabar Timur, kemarin.

Dia mengaku, berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) luar biasa BM-Malut, di Jakarta, medio Juni 2018 lalu, menunjuk sejumlah nama menjabat posisi Direksi dan Komisaris. ‘’Sesuai RUPS luar biasa, sejumlah Direksi dan Komisaris sudah ditunjuk. Tapi, sampai saat ini mereka belum juga diuji,’’sebutnya.

Apalagi, ingat dia, selain ada aksi pembobolan di Bank Maluku, cabang Banda Neira, bank tersebut saat ini masuk buku II.’’BM saat ini khan dalam lilitan internal. OJK harus sikapi agar Direksi dan Komisaris,  bekerja tidak bimbang mengambil keputusan,’’ingatnya. 

Akibatnya, lanjut dia, pejabat di bank tersebut setiap mengambil keputusan selalu hati-hati, karena Direksi dan Komisaris belum ditetapkan.’’Kapasitas mereka terbatas. Kita berharap, awal September 2019 nanti,  OJK sudah menggelar fit and proper test, sehingga pimpinan bank bisa lakukan terobosan,’’harapnya.

Dia kuatir, proses fit and proper test molor ada intervensi pihak lain sehingga Direksi dan Komisaris yang ditunjuk pemegang saham  dirubah figur lain.’’Bisa  saja ada intervensi pihak tertentu. Ini soal suka tidak suka. Tapi, OJK pasti profesional kedepankan kepentingan perbankan,’’tegasnya.

Kendati begitu, dia mengaku, sesuai  laporan ke komisi C,  BM-Malut sehat. Untuk itu, harap dia,   Direksi dan Komisaris yang baru melakukan langkah-langkah manajemen bank itu.’’ Harus ada percepatan kebijakan pihak terkait agar  Komisaris dan Direksi bekerja untuk kelangsungan bank,’’pungkasnya.

Sekedar tahu, berdasarkan RUPS luar biasa BM-Malut,  disepakati  Direktur Utama dijabat Arief Burhanudin Waliulu. Waliulu  sebelumnya menjabat Plt Direktut Utama dan Direktur Umum Bank Maluku,  calon Direktur Pemasaran dijabat  Jetty Likur sebelumnya menempati  salah satu jabatan di Bank Mandiri Jakarta menggantikan Aleta Da Costa. 

Kemudian Calon  Direktur Umum dijabat Joly  Pulung sebelumnya menjabat sebagai Kepala  Cabang Bank Maluku – Malut  di Tobelo, Maluku Utara.  Posisi calon, Komisaris Utama  M.A.S. Latuconsina sebelumnya adalah Wakil Walikota Ambon. Calon Komisaris Independen dijabat Hengky Pelapon. (KTM)

Penulis:

Baca Juga