Sekilas Info

Kampus Unidar Tulehu Diduga Dibakar

FOTO: ISTIMEWA

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Kampus Universitas Darussalam (Unidar) Ambon yang berada di Kawasan Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, terbakar, Jumat (30/8).

Penyebab pasti kebakaran yang meluluhlantahkan asrama mahasiswa di dalam area kampus tersebut belum diketahui.

Tapi berdasarkan informasi yang diterima Kabar Timur, kebakaran yang terjadi pada petang kemarin itu diduga sengaja dibakar orang tak dikenal (OTK).

Dugaan kesengajaan itu muncul setelah kampus tersebut rencananya akan dieksekusi oleh pihak pemenang dari Yayasan Darussalam Maluku.

“Yang terbakar adalah bangunan asrama mahasiswa yang berada di depan fakultas FKIP. Terbakar kemarin pas naik-naik magrib,” kata salah satu warga Tulehu yang dihubungi via telepon selulernya, tadi malam.

Menurutnya, bangunan yang terbakar itu panjangnya kurang lebih 30 meter. Kendati demikian, dirinya mengaku tidak terdapat korban luka maupun jiwa. “Asrama itu besar. Dulu dijadikan sebagai ruangan perkuliahan,” tambahnya.

Dia menduga kuat bangunan itu sengaja dibakar, karena dalam waktu dekat, Yayasan Darussalam Maluku akan melakukan eksekusi setelah dinyatakan menang hingga Peninjauan Kembali (PK) di Mahkamah Konstitusi.

“Kampus di Tulehu itu rencananya dieksekusi sejak tahun 2018 lalu. Tapi pengadilan negeri ambon selalu menundanya,” terangnya.

Kebakaran yang melanda kampus tersebut, tambah dia, baru dapat dijinakan setelah sejumlah unit armada pemadam kebakaran diketahkan dari Kota Ambon.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian terkait kronologis maupun penyebab kebakaran tersebut. (CR1)

Penulis:

Baca Juga