Sekilas Info

Kasrul Jabat Plt Sekda Maluku?

Kasrul Selang

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Sekretaris Daerah Maluku Hamin Bin Thahir telah di penghujung masa jabatan. Terhitung 1 September 2019, mantan Kepala Biro Pemerintahan Setda Maluku akan meletakan jabatan karena pensiun. 

Hamin menjabat Sekda Maluku pada 18 Desember 2015, dilantik Said Assagaff yang saat itu menjabat Gubernur Maluku. Dia menggantikan Ros Far-Far yang mengakhiri tugasnya pada 30 November 2015.

Siapa pengganti Hamin hingga kini belum terjawab. Tetapi, untuk mengisi kekosongan kursi Sekda, sesuai Peraturan Presiden nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah, Gubernur Maluku Murad Ismail telah mengirimkan nama calon pelaksana tugas (Plt) Sekda Maluku ke Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Hanya satu nama yang diusulkan Murad ke Mendagri sebagai Plt Sekda Maluku. Nama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Maluku, Kasrul Selang disebut-sebut yang ditunjuk Murad sebagai Plt Sekda Maluku. 

“Iya, cuma satu nama (calon Plt Sekda Maluku). Pak Kasrul (Selang) yang diusulkan Pak Gubernur ke Mendagri sebagai Plt Sekda Maluku,” kata sumber Kabar Timur di kantor gubernur Maluku, Ambon, Rabu (28/8).

Nama mantan kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi Maluku itu telah diusulkan ke Mendagri oleh Biro Pemerintah Setda Maluku, beberapa waktu lalu. 

“Kemungkinan surat persetujuan dari Mendagri untuk Plt Sekda Maluku diterima Biro Pemerintahan pekan ini karena masa jabatan Pak Hamin berakhir hari Minggu tanggal 1 September 2019,” ujar sumber yang meminta namanya dirahasiakan itu.

Setelah mengangkat Plt Sekda, proses seleksi calon sekda Maluku definitif akan digelar Pemerintah Provinsi Maluku. “Proses seleksi calon Sekda akan dilakukan setelah Pak gubernur dan wakil gubernur menjalankan pemerintahan enam bulan pasca dilantik 24 April 2019,” ujar sumber lagi. 

Kepala Biro Pemerintah Setda Maluku, Jasmono, yang dihubungi terkait Plt Sekda Maluku, tidak merespon panggilan telepon Kabar Timur. SMS yang dilayangkan pun tidak dibalas. 

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar Baharudin mengaku Pemprov Maluku telah mengirimkan surat pengusulan Plt Sekda Maluku ke Mendagri. Namun siapa nama calon Plt Sekda yang diusulkan tersebut, Bahtiar mengaku belum tahu. 

“Memang sudah diusulkan, tapi namanya saya tidak hapal. Saya sudah teruskan WA (dari Kabar Timur) ke Dirjen Otda Kemendagri tapi belum direspon. Nanti kalau sudah dijawab, saya teruskan (WA) ke bapak,” kata Bahtiar dihubungi Kabar Timur, tadi malam. (KT)

Penulis:

Baca Juga