Sekilas Info

PLN Target 2020, 1.162 Desa Terlistriki

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON -  PT PLN Wilayah Maluku-Maluku Utara menargetkan 1.162 desa dari total 1.241 desa di Maluku, di tahun 2020 sudah terlistriki. 

Dari 1.241 desa, yang sudah dilistriki PLN mencapai 869 desa. 

Sementara listrik non PLN sebanyak 367 desa, listrik swasta 4 desa, dan yang masih gelap gulita hanya satu, yakni Desa Waeratan, Kabupaten Maluku Barat Daya.

“Target kita 2020, 1.162 desa terlistriki. Sedangkan 78 desa sisanya baru akan terlistriki di tahun 2021 dan 2023,” kata Staf Perencanaan, Kantor Wilayah PLN Maluku-Maluku Utara, Samuel Johan Rahantoknan kepada awak media di kantor Gubernur Maluku, Ambon, akhir pekan kemarin. 

Dari 11 kabupaten/kota, Kepulauan Aru merupakan daerah yang paling banyak belum dilistriki, karena terdiri dari pulau-pulau. 

“Di Aru sangat sulit, jadi kalau kita melistriki harus dibangun pembangkit di masing-masing desa,” tandasnya.

Untuk itu, PLN memiliki program Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), sehingga masyarakat bisa mendapat listrik, bukan hanya di Kabupaten Kepulauan Aru, tetapi juga untuk desa di Kabupaten Buru, Seram Bagian Timur dan Maluku Tengah. 

Rahantoknan mengatakan, untuk desa yang masih di gelap gulita di Desa Waeratan, MBD, sementara diupayakan penyelesaian pembangunan PLTD baru di Watuwei, Pulau Dawelor. 

“Kita sudah bangun PLTD sementara dalam konstruksi. Pemda sipakan lahan dari tahun 2016, kekuatan di sana 3x20 Kw, mungkin tahun depan desa yang masih gelap gulita tersebut sudah bisa terlistriki,” pungkasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga