Sekilas Info

Dua Wafat, Selasa Jamaah Haji Tiba Ambon

Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Jumlah jamaah  haji Maluku yang meninggal di Tanah Suci hingga kemarin, sebanyak dua orang. Dua jamaah ini atas nama Ahmad Dahlan bin Fattah, asal Kabupaten Buru dan Hasan Raharusun, Kabupaten Maluku Tenggara. 

“Keduanya meninggal usai melaksanakan wukuf di Arafah dan telah dimakamkan di Tanah Suci,” kata Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis di Ambon, Jumat (23/8).

Rombongan jamaah haji Maluku sebelumnya berjumlah 1.702 orang. Kini berjumlah 1.700 orang. “Dikurangi dua jamaah haji yang meninggal saat proses ibadah haji. Jamaah haji Maluku yang lainnya di Tanah Suci sehat menjelang kembali ke Tanah Air,” ujar Jamaludin  yang juga ketua panitia haji Maluku tahun 2019.

Setelah menunaikan rukun Islam kelima, ribuan jamaah haji Maluku akan kembali ke Kota Ambon, Selasa dan Rabu (28/9) mendatang. 

Untuk persiapan penjemputan jamaah haji, Kemenag Maluku telah rapat bersama Kesra Pemprov Maluku, petugas kesehatan pelabuhan Ambon, perwakilan PT. Angkasa dan maskapai Lion Air.

“Insya Allah, kami akan berikan pelayanan terbaik untuk proses penjemputan jemaah haji,” ujarnya.

Hari pertama pemulangan 27 Agustus, kloter 12 sebanyak 215 jamaah haji. Terdiri dari jamaah haji Kabupaten Maluku Tengah sebanyak 187 orang dan sebagian jamaah haji Kabupaten Buru 23 orang. Kloter 12 akan diterbangkan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pukul 05.30 WITA dan tiba di Ambon pukul 08.10 WIT, menumpangi pesawat Lion Air nomor penerbangan JT. 3768.

Disusul 25 jamaah asal Buru akan tiba di Ambon pukul 14.50 WIT. Rombongan haji ini diterbangkan secara reguler dari Makassar pukul 12.10 WITA.

Masih dihari yang sama, 215 jamaah haji, dari Buru lainnya berjumlah 68 orang, Buru Selatan 48 orang dan sebagian jamah Kota Ambon 94 orang diterbangkan Lion Air dan tiba di Ambon pukul 18.30 WIT.

Hari berikutnya, Rabu (28/8), 210 jamaah haji Kota Ambon yang tergabung dalam Kloter 13, didampingi 5 orang anggota polisi tiba di Ambon pukul 08.10 WIT.

Selanjutnya, masih kloter 13 dan 14, sebanyak 215 jamaah. Terdiri dari 61  jamaah Kota Ambon, 5 jamaah Kabupaten MBD, 122 jamaah SBB, 20 jamaah haji SBT, dan 2 petugas haji akan tiba di Kota Ambon pukul 10.00 WITA,” jelas Jamaludin. 

Jamaah haji akan dijemput keluarganya di asrama haji di kawasan Waiheru, bukan di Bandara Internasional Pattimura, Ambon. “Hari pertama dan kedua tetap difokuskan penjemputan jamaah di asrama haji Waiheru,” pungkasnya. (MG5)

Penulis:

Baca Juga