Sekilas Info

Generasi Muda Harus Lebih Giat Bekerja

Foto: Ruzady Adjis/Kabar Timur

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Mengacu pada tema HUT Kemerdekaan RI ke-74, yakni “SDM Unggul, Indonesia Maju”, generasi muda di Maluku diingatkan harus bekerja lebih giat. 

“Maluku ke depannya luar biasa. Ambon sendiri ada kota baru yang dikembangkan, jadi pelabuhan terbesar di Indonesia, dari Tanjung (Latuhalat) sampai Gudang Arang, kemarin saya sudah MoU dengan Pelindo begitu juga nanti di Tulehu,” kata Gubernur Maluku, Murad Ismail usai memimpin upacara pengibaran bendera memperingati HUT Proklamasi RI ke-74 di Lapangan Merdeka, Ambon, Sabtu (17/8).

Sementara itu terkait pasukan pengibaran bendera (Paskibra), gubernur telah meminta kepala Dinas Pemuda dan Olahraga  Maluku harus ada keterwakilan dari semua SMA. “Ini yang menjadi PR buat saya, sehingga ke depan semua SMA harus ada keterwakilan di Paskibra,” ujar dia. Meski diguyur hujan, upacara bendera berlangsung khidmat dan lancar.

Upacaradimulai pukul 10.00 WIT dipimpin Gubernur selaku inspektur upacara. Sementara komandan upacara, Letkol Inf.  Mario Chistian Noya. Lulusan Akmil tahun 2001 menjabat Pabandya Latihan SofDam XVI Pattimura.

Upacara dihadiriWakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Walikota Ambon Richard Laouhenapessy dan Wakil Walikota Ambon Syaruef Hadler, Muspida Maluku, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, masyarakat dan pelajar di Kota Ambon.

Sebelum pengibaran bendera merah putih,  pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Provinsi Maluku Edwin Adrian Huwae dan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musad.

Paskibra yang bertugas mengibarkan bendera merah putih juga melaksanakan tugas dengan baik. Pembawa baki bendera merah putih adalah Vitta Angelique Huwae, siswi kelas II SMA Siwalima Kota Ambon jurusan IPA kelahiran Dobo, 18 Maret 2004.

Sementara Arisandi Saniapon, siswa kelas II SMA Negeri 2 Buru bertugas sebagai penggerek bendera. Pembentang bendera merah putih adalah Egberth Wilson Sailapra, siswa SMA PGRI Dobo. Bertugas sebagai Danpok adalah Ahmad Riziq Bafaqih, siswa kelas II SMK Negeri 1 Tual.

Gubernur mengatakan menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT Proklamasi RI ke-74 ini menjadi kesempatan pertama bagi dirinya memimpin upacara. “Ini merupakan hal yang luar biasa buat saya,” ucapnya.

Upacara HUT Proklamasi diwarnai dengan suguhan lagu berjudul Maluku Tanah Pusaka oleh Gubernur serta penampilan atraksi drum band Pela Gandong Pattimura. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga