Sekilas Info

Empat Brimob Polda Maluku Upacara HUT RI di Sudan

Foto: ISTPersonel Satgas FPU 11 Indonesia UNAMID, Darfur, Sudan menyerahkan perlengkapan sekolah kepada pelajar setempat yang menempati kamp pengungsian, Jumat (16/8).

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Sejak 10 Maret 2019, empat personel Brimob Polda Maluku tergabung dalam Satgas Garuda Bhayangkara 11 FPU UNAMID di Golo, Sudan, Afrika. Mereka ikut dalam misi perdamaian PBB bersama ratusan personel Polri.

Empat personel Brimob Polda Maluku, yaitu Kompol Alex Tobing, Ipda Nyoman, Brigadir Yanzen dan Brigadir Umar.

Komandan Satgas FPU 11 Indonesia UNAMID, Darfur, Sudan, AKBP Henzley Moningkey mengatakan, menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-74, personel FPU 11 Indonesia melaksanakan giat charity program bertempat di Basic Ome Local School. Kegiatan didampingi oleh Senior Management UN Golo TOB, IPO dan Rwanda PKF. FPU 11 menyerahkan bantuan perlengkapan sekolah berupa buku dan alat tulis kepada pelajar setempat, Jumat (16/8). 

“Kita menyerahkan bantuan peralatan sekolah untuk anak-anak sekolah dasar di kamp pengungsian,” kata Henzley melalui pesan whatsapp kepada Kabar Timur melalui 

Wakil Kepala Satgas FPU 11 Indonesia, UNAMID, Darfur-Sudan, Kompol Alex Tobing, kemarin.

Menurutnya, kegiatan selain menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-74, juga sebagai bentuk rasa syukur dan berbagi antar sesama. 

Umar Abaker, selaku kepala sekolah secara simbolis menerima langsung penyerahan bantuan tersebut. Umar menyampaikan rasa terima kasih karena baru pertama kali kegiatan charity dilaksanakan di wilayah mereka. 

Menurut Henzley, anak-anak sekolah di kamp pengungsian yang menerima bantuan perlengkapan sekolah begitu ceria karena peralatan sekolah sulit didapatkan di wilayah Golo TOB. 

Puncak peringatan upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke-74, digelar di Markas Satgas FPU 11 Indonesia, UNAMID, Darfur, Sudan. Inspektur upacara dipimpin Kompol Alex Tobing mewakili Dansatgas. 

Henzley menjelaskan, selain Sudan, Polri juga terlibat tugas misi PBB di negara Haiti, Kongo, Afrika Tengah, Sudan Selatan, dan Yaman. 

“Untuk tugas misi PBB keterlibatan Polri semenjak tahun 90-an. Namun untuk Satgas FPU Indonesia dimulai sejak thn 2008 hingga tahun ini masih berlangsung,” ujarnya. Tahun ini Polri mengirimkan 400 personel. 

Sementara itu, Wakil Kepala Satgas FPU 11 Indonesia, UNAMID, Darfur-Sudan, Kompol Alex Tobing menyebutkan, personel Brimob Polda Maluku tahun ini yang tergabung dalam misi PBB sebanyak empat orang. Mereka akan bertugas selama satu tahun, sejak 10 Maret 2019 hingga 31 April 2020. Alex yang juga Danyon A Pelopor Satrimob Polda Maluku berharap dukungan dan doa masyarakat Indonesia khususnya Maluku, agar misi perdamaian PBB di Sudan berjalan sukses dan aman. 

“Kami berempat terpilih dan berangkat ke Sudang mengemban misi perdamaian pada kepemimpinan Dansat Polda Maluku, Kombes Pol M. Guntur,” imbuh Alex. (KT)

Penulis:

Baca Juga