Unpatti Peringkat 97, Ukim 388 Perguruan Tinggi di Indonesia

Istimewah

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON - UniRank, salah satu lembaga pemeringkat universitas, yang sebelumnya bernama 4ICU, membuat daftar peringkat perguruan tinggi di Indonesia.

DALAM laman 4icu.org, UniRank membuat daftar peringkat 572 perguruan tinggi di Indonesia. 10 besar perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Gadjah Mada menempati posisi pertama, disusul Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Universitas Lampung, dan posisi 10 ditempati Universitas Sebelas Maret. 

Universitas Pattimura menempati peringkat 97. Sedangkan Universitas Kristen Indonesia (Ukim) berada di posisi 388. 

Menurut penjelasan UniRank, pemeringkatan ini berdasarkan metrik web yang valid, tidak memihak dan tidak dapat dipengaruhi. Data tersebut disediakan oleh sumber-sumber web independen, bukan data yang dikirimkan oleh universitas. 

Syarat perguruan tinggi untuk masuk seleksi adalah perguruan tinggi mendapatkan akreditasi dari lembaga sah di masing-masing negara. Kedua, perguruan tinggi harus mempunyai program S1 dan pascasarjana, serta kuliah dilakukan dengan metode tatap muka. 

UniRank mengklaim sebagai direktori pendidikan tinggi internasional dan mesin pencari yang menampilkan ulasan dan peringkat lebih dari 13.600 universitas yang diakui secara resmi di 200 negara. (TPC)

Penulis:

Baca Juga