Sekilas Info

186 KK Terima Program Bantuan Rumah Swadaya

Foto: IST

AMBON- Sebanyak 186 kepala keluarga (KK) masyarakat berpenghasilan rendah di Kota Ambon menerima program bantuan rumah swadaya  2019.

Penyerahan bantuan berupa buku tabungan bantuan rumah swadaya oleh  Wali kota Ambon, Richard Louhenapessy kepada penerima bantuan di Ambon, pekan kemarin.

Richard menyatakan, program bantuan rumah swadaya diberikan dalam bentuk bantuan renovasi rumah bagi 186 KK tersebar di 10 desa dan kelurahan.

Bantuan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diberikan bagi kota Ambon atas prestasi kinerja terbaik pelaksana DAK tahun 2018 di bidang perumahan rakyat se-wilayah Indonesia timur.

Penerima bantuan rumah Swadaya tersebar di dua kecamatan yakni Sirimau dan Nusaniwe.

Dana bantuan ini diberikan berupa uang kepada warga untuk dibelanjakan dalam bantuk bahan bangunan senilai Rp15 juta dan bantuan stimulan upah tukang sebesar Rp2,5 juta per unit rumah.

“Program ini akan dikoordinir oleh Dinas PRKP Ambon sehingga bantuan bermanfaat dan tepat sasaran, jangan sampai bantuan digunakan untuk membeli hal lain, pastinya akan dipantau oleh tim,” ujar Richard.

Penerima bantuan lanjutnya, juga telah teridentifikasi dan seuai indikator, bukan berdasarkan undian atau faktor “like or this like” tetapi sesuai indikator yang telah ditetapkan dan dilakukan secara transparan.

Kepala Bidang Perumahan Dinas PRKP Ambon, Fidensius Sihombing menjelaskan, bantuan diberikan sesuai alokasi yang tersebar di 10 desa atau kelurahan diantarnya kelurahan Kudamati dan Benteng masing-masing 20 unit rumah, kelurahan Silale 16 unit, Waihaong lima unit, Amantelu 20 unit, Karpan 10 unit, Honipopu 15 unit, Batu Meja 60 unit, negeri Batu Merah 15 unit dan kelurahan Batu Gajah lima unit. Total bantuan rumah swadaya bagi MBR sebesar Rp3,2 miliar.

Penetapan warga penerima bantuan berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan melewati tahap pendataan, sosialisasi dan verifikasi secara administratif dan teknis, oleh tim teknis dan TFL. “Kami juga laporkan sebanyak 82 unit rumah bantuan DAK tahun 2018 telah selesai direnovasi dengan baik, diharapkan bantuan tahun 2019 ini berjalan lancar dan selesai dengan baik,” katanya. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga