Sekilas Info

Kebakaran di Namlea, 1 Rumah Ludes

Foto: IST

AMBON-Satu rumah di sekitar kompleks SMA Negeri 1 Namlea, tepatnya di Dusun Jiku Besar Kampung Lama Desa Namlea, Kecamatan Namlea, Ibukota Kabupaten Buru, Kamis kemarin terbakar. Kejadian yang berlangsung tengah hari sekitar pukul 12 siang itu menyebabkan warga dusun tersebut panik. 

Untung saja, tim Damkar pemda setempat datang ke lokasi tak lama kemudian, sehingga kobaran api berhasil dijinakkan. Pihak Damkar setelah mendapatkan informasi lewat telepon warga, langsung menuju TKP dan berupaya melakukan pemadaman. Dengan personil 15 orang didukung tiga armada mobil Damkar, dipimpin Kabid Damkar Dinas Tata Kota Pemda Buru, Bahrum N.

Namun pemilik rumah Ny Nursyam yang merupakan ASN Dinas Kesehatan Pemda Buru,  hanya bisa menangis di samping suaminya, ketika melihat seluruh bagian rumah mereka ludes dilalap jago merah.

Informasi yang diperoleh dari warga Namlea Kisman Sasolo menyebutkan rumah kedua pasutri itu dalam keadaan terkunci ketika terjadi kebakaran. “Beta ada ka kantor semua peralatan yang ada di dalam rumah berhubungan dengan arus listrik, semuanya sudah dipadamkan.  Iya rumah dalam keadaan terkunci,  tapi sebab akibat kanapa sampai kebakaran beta seng tau” ujar Ny Nursam dikutip Kisman, Kamis (8/8).

Ny Nursyam mengaku, dia mengetahui kalau rumahnya terbakar setelah ditelepon oleh salah satu keluarganya, bahwa rumahnya kebakaran. Lalu serentak dia menuju lokasi rumahnya itu, tapi setelah tiba dia hanya bisa menangis, karena rumah tersebut telah ludes terbakar.

Terpisah Humas Polres Buru melalui Ipda Zulkifli mengungkapkan sesuai keterangan saksi Delvira terkejut dengan bunyi ledakan dari dalam rumah Ny Nursyam. Saksi mengaku, rumahnya hanya 20 meter dari rumah korban. 

Saksi lain, Ny Jumain, mengaku dia dan suaminya sedang di luar rumah mereka, tapi kemudian dibuat kaget lantaran tiba-tiba melihat api yang membesar dengan cepat, lantaran tiupan angin kencang.

Menurut Ipda  Zulkifly dugaan sementara polisi penyebab kebakaran adalah karena arus pendek. “Bagian Satreskrim Polres Buru sementara olah TKP, sudah pasang police line. Taksiran kerugiannya kira-kira Rp 150 juta,” jelas Zulkifly melalui WhatsApp. (KTA)

Penulis:

Baca Juga