Sekilas Info

Lagi, Napi Lapas Piru Kabur

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Sudah dua kali, narapidana (napi) di rumah tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), kabarnya berhasil melarikan diri. Diduga ada pembiaran.

Beberapa bulan lalu di tahun 2019, seorang napi berhasil melarikan diri dari Lapas itu. Hingga kini napi tersebut belum berhasil ditemukan. Terbaru, beberapa hari lalu salah seorang napi juga berhasil kabur.

Kaburnya napi itu mestinya menjadi pelajaran penting untuk meningkatkan pengawasan dan penjagaan. Tapi, hal itu diduga tidak dihiraukan petugas terlebih pimpinan lapas tersebut.

“Sudah dua kali napi berhasil kabur dari lapas di tahun 2019 ini. Itu kan aneh,” kata sumber dari Piru kepada Kabar Timur, Minggu (4/8) malam.

Sumber yang meminta identitasnya tidak disebutkan ini mengaku, mestinya kejadian pertama menjadi pelajaran berharga.

“Saya duga mungkin ada pembiaran. Karena yang pertama kabur ini belum ditemukan. Lalu yang kembali lagi terjadi. Berarti kan petugas tidak peduli dengan kejadian pertama,” herannya.

Menurutnya, napi kedua yang berhasil kabur baru terjadi beberapa hari lalu. Sumber belum mengetahui pasti apakah napi itu membobol tembok atau dikeluarkan.

“Nanti bapak (Kabar Timur) cek saja di Piru atau di Kementerian Wilayah. Yang pasti napi kedua kabur beberapa hari lalu. Kalau yang pertama itu beberapa bulan lalu. Semuanya di tahun 2019,” katanya.

Dia berharap, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Maluku dapat mengevaluasi kinerja Kepala Lapas. Sebab, dua peristiwa tersebut jaraknya tidak berlangsung lama.

“Kalau sampai kejadian dua kali dengan jarak yang tidak begitu lama, berarti para petugas khususnya kepala lapas harus dievaluasi kembali,” tandasnya.

Hingga berita ini diterbitkan, Kabar Timur belum berhasil menghubungi Kepala Lapas Piru dan Kakanwil Kemenkum HAM. (CR1)

Penulis:

Baca Juga