DPMD Gelar Rakor Tim Inovasi

MARLON SAHETAPY/KABAR TIMUR

KABARTIMURNEWS.COM,NAMROLE - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Buru Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Inovasi di aula kantor bupati, Sabtu (27/7) lalu.

Rakor dibuka Asisten I Setda Bursel Alfario Soumokil diikuti para camat, tenaga ahli P3MD Bursel, Tim Pengelola Inovasi Desa di setiap kecamatan dan pendamping lokal desa. 

Kegiatan yang berlangsung sehari itu, menghadirkan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Maluku.

Bupati Tagop Sudarsono Soulisa dalam sambutannya yang dibacakan Soumokil menuturkan, Rakor Tim Inovasi Kabupaten Bursel merupakan upaya peningkatan koordinasi, pembinaan dan pengelian pelaksanaan seluruh tahapan program-program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD). “Bukan hanya itu menyebarluaskan informasi mengenai program dan capaian hasil pelaksanaan kepada para pihak pemangku kepentingan sebagaimana amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,” jelasnya.

Melalui Rakor ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran dan peningkatan kapasitas bagi pelaku program dalam lingkup PPMD mengenai konsep, prinsip, prosedur tahapan pelaksanaan program maupun kebijakan serta mampu mengimplementasikan nya dalam pengelolaan dana desa agar dapat lebih efektif.

Menurutnya pelaksanaan program inovasi desa  merupakan bagian dari keseluruhan program yang dilaksanakan oleh Kemendes, PDT dan Transmigrasi. Program-program tersebut mencakup PPMD diantaranya program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, program pembangunan ekonomi lokal  dan program pengembangan sumber daya manusia.

“Program inovasi desa hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa. Hal ini dilakukan untuk merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur desa,” ingatnya. (KTL)

Penulis:

Baca Juga