Sekilas Info

Pesilat Kota Ambon Raih 7 Emas di Kejurda

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Kota Ambon menggondol 7 medali emas, sekaligus meraih juara kedua, dalam perhelatan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pencak Silat yang berlangsung di Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). Pengurus IPSI Kota Ambon mengakui, berhasil mencapai target setidaknya dalam rangka persiapan jelang Pra-PON mendatang.

“Kalo dari sisi target kita dapat. Dengan 7 medali emas, 4 perak dan 4 perunggu. Kita puas lah di bawah tuan rumah KKT,” ujar pelatih tim IPSI Kota Ambon Jemy Latbual kepada Kabar Timur, Rabu kemarin.

Ketujuh medali emas tersebut disabet pesilat di kelas A Puteri 45-50 kg atas nama Fahira Ningkeula, kemudian di kelas C Putera 55-60 kg atas nama Ahmad Sopaheluwakan. Di kelas D Putera 60-65 kg atas nama pesilat Andika Basri, di kelas E Putera 65-70 kg atas nama Rivan Soel. Sementara Kelas E Putri 65-70 kg medali emas diraih Laureen Telussa.

Tim silat Kota Ambon juga meraih emas di nomor lomba Seni Tunggal Putri yang diperoleh pesilat Wa Resty Anti. Sementara Regu Putera disabet pesilat Sidra Sulaiman, Syahrul Anwar dan Sahril Gunawan.

Sementara itu Ketua Tim IPSI Kota Ambon Haruna menyatakan raihan medali emas ini memberikan optimisme kalau tim IPSI Kota Ambon bisa berbicara di pentas Pra PON nanti. “Kapan Pra PON, memang belum ada jadwal pasti, tapi dari perolehan medali ini kita bisa berharap lah seperti itu,” ujar Haruna.

Dia mengakui di tengah kondisi keterbatasan sarana dan prasarana latihan bagi para atlitnya, capaian prestasi tentu ikut dipengaruhi oleh kondisi tersebut. Karena itu pihaknya meminta Ketua IPSI Kota Ambon, Djalaludin Salampessy berupaya maksimal membangun koordinasi dengan Pemprov Maluku.

“Sebab prestasi yang bisa diraih oleh IPSI Kota Ambon bukan semata-mata untuk daerah ini, tapi Maluku secara keseluruhan di pentas Pra PON atau PON nantinya,” kata Haruna.

Sekadar tahu Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Maluku resmi menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) tahun 2019 di pusatkan di kota Saumlaki, KKT  berlangsung 22 - 25 Juli 2019 lalu.

Event tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati KKT Petrus Fatlolon di pelataran kantor Bupati, yang dihadiri Wabup Agustinus Utuwaly sekaligus sebagai Ketua Umum IPSI Cabang KKT, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Pengurus IPSI Provinsi dan kabupaten/kota se - Maluku, para pejabat struktural, ASN , Wasit/Juri, dan para atlit pencak silat yang berasal dari 7 kabupaten/kota. Even olahraga ini digelar di Gedung Natar Kaumpu, melibatkan 7 Cabang IPSI asal Kota Ambon, Kabupaten Buru Selatan, Buru, Maluku Tengah, SBB,  SBT dan Kepulauan Tanimbar  selaku tuan rumah.

Sementara 4 Cabang IPSI lainnya, yakni Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara,  Kepulauan Aru dan MBD berhalangan hadir,  karena alasan kendala teknis. Jumlah peserta yang berlaga dalam kejurda tersebut sebanyak 98 atlet dengan jumlah wasit nasional maupun daerah sebanyak 14 orang. (KTA)

Penulis:

Baca Juga