Sekilas Info

Gubernur Harap Kepala BI Tingkatkan Peran Bersama Pemda

ist

KABARTIMURNEWS.COM, Gubernur Maluku, Murad Ismail berharap Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Maluku yang baru, Noviarsano Manullang semakin meningkatkan peran bersama pemerintah daerah.

Manullang menggantikan Bambang Pramasudi yang beralih tugas menjadi Kepala grup departemen Surveilance (Pengawas) Sistem Keuangan BI.

Manullang sebelumnya menjabat sebagai Kepala tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan Administrasi KPw BI Provinsi Lampung.

Peran yang dimaksudkan Gubernur adalah  dalam memberikan kontribusi pada pencapaian kinerja perekonomian, mewujudkan stabilitas serta pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di wilayah kerja Provinsi Maluku guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan data BI lewat kajian ekonomi dan keuangan regional, pertumbuhan ekonomi Maluku tercatat melambat pada triwulan I 2019 yakni mencapai 6,32 persen atau turun 0,09 persen dibanding triwulan IV 2018. Namun pertumbuhan itu lebih tinggi jika dibandingkan nasional yang tercatat hanya 5,07 persen. 

“Dari sisi permintaan, melambatnya pertumbuhan ekonomi itu dipengaruhi lambatnya kinerja ekspor akibat turunnya harga komoditas ikan dan udang serta nihilnya ekspor migas,” kata gubernur  dalam sambutan tertulisnya dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Hamin bin Thahir pada upacara pengukuhan Kepala Perwakilan BI Maluku di Santika Hotel, Senin (29/7). 

mentara dari penawaran lanjutnya, perlambatan disebabkan oleh turunnya produksi pertanian akibat cuaca disamping harga yang menurun. Tetapi pertumbuhan masih ditopang oleh kontruksi yang utamanya pembangunan pembangkit listrik, fasilitas penyalur listrik dan perluasan Bandara Pattimura. 

Untuk inflasi Maluku, pada Juni 2019 tercatat sebesar 4,10 persen lebih tinggi dari agregat inflasi Sulawesi, Papua, Bali, Nusa Tenggara maupun nasional. “Dua indikator ekonomi makro di Provinsi Maluku setidaknya mengisyaratkan dan mengingatkan kita bersama untuk bekerja lebih baik lagi kedepan,” ujarnya. 

Untuk itu dia percaya segala tantangan dan kendala dapat diatasi jika berkomitmen dan bergandengan tangan bersama-sama memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Maluku. “Saya menaruh harapan besar kepada pimpinan BI yang baru untuk dapat secara signifikan menggerakkan perekonomian daerah dan masyarakat,” kata gubernur. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga