Sekilas Info

MK Putuskan Tiga Parpol Lanjut Pembuktian

Almudatsir Sangadji

AMBON - Mahkamah Konstitusi (MK), memutuskan tiga gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) asal Maluku, ke tahap pembuktian. Sementara sepuluh gugatan lainnya menunggu putusan akhir.

Salah satu anggota KPU Maluku, Almudatsir Sangadji mengatakan, MK baru saja menggelar sidang pengucupan putusan pendahuluan. ‘’Tadi yang diputuskan MK itu perkara 175 untuk Maluku,’’kata Sangadji ketika dihubungi Kabar Timur, kemarin.

Dia mengaku, dari 14 gugatan, partai Garuda menarik permohonan. Itu berarti, kata dia, tinggal 13 gugatan. ‘’Jadi hasil putusan 3 parpol lanjut ke pembuktian, sementara 13 lainnya tunggu putusan akhir,’’jelasnya.

Lantas, gugatan parpol mana saja yang masuk ke tahap pembuktian, dia mengaku, tiga parpol tersebut, yakni Partai Golkar Dapil 3 untuk DPRD SBT, Partai NasDem di Dapil Kota Ambon, untuk DPRD Maluku, dan PKS untuk Dapil Buru dan Bursel,’’paparnya.

Gugatan Golkar di SBT, lanjut dia, pihaknya terkait adalah PKS. Gugatan NasDem, pihak terkait Hanura. Sementara gugatan PKS, pihak terkait Golkar.’’Nah, gugatan tiga parpol ini masuk ke tahap persidangan dengan agenda pembuktian,’’sebutnya.

Tak hanya itu, ketika disinggung subtansi gugatan tiga parpol tersebut, dia enggan berkomentar. Hanya saja, informasi yang diterima Kabar Timur, kalau PKS gugat Golkar di dapil Buru dan Bursel, karena diduga suara PKS migrasi ke Golkar. Sementara gugatan NasDem di dapil Kota Ambon, karena diduga suara NasDem dialihkan ke Hanura.

Soal gugatan 10 parpol, yang tidak memenuhi syarat, dia mengaku, MK akan putuskan.’’Kalau gugatan 10 parpol itu tunggu putusan akhir baru ketahui statusnya,’’kata Sangadji. (KTM)

Penulis:

Baca Juga