Sekilas Info

Atasi Macet, Walikota Seriusi Program CityCat di Teluk Ambon

KABARTIMURNEWS.COM, BRISBANE - Walikota Ambon, Richard Louhenapessy melakukan langkah-langkah serius mengatasi kemacetan di Kota Ambon. Selain, menjadi bahasan pada forum APCS, yang dihadiri Walikota se-Asia Pasifik, Louhenapessy juga melakukan pertemuan “khusus” bersama sejumlah pihak terkait di Kota Brisbane, Australia, Selasa (9/7).

Pertemuan tersebut, membahas program CityCat yang telah berhasil mengatasi kemacetan di Brisbane akan diadopsi ke Kota Ambon. “Kota Brisbane dan Kota Ambon punya kesamaan. Bedanya Ambon, punya teluk dan Brisbane sungai. Tapi, Kota Brisbane sudah terbukti berhasil mengatasi kemacetan menggunakan angkutan CityCat. Program ini yang akan kita adopsi ke Ambon,” kata Louhenapessy,kemarin.

Sekembalinya di Kota Ambon, pihaknya akan membahas program dimaksud dan selanjutnya akan mengirim tim ke Kota Brisbane, Agustus 2019. “Nanti Agustus, kita kirim Tim ke sini (Kota Brisbane),” katanya. Tim ke Kota Brisbane, fokus mempelajari program dengan pihak-pihak terkait dan pemerintah Kota Brisbane.

“Tim yang diturun ke Kota Brisbane akan belajar secara detail program ini. Mulai dari pembangunan infrastruktur pelabuhan CityCat, hingga pembuatannya. Jadi mereka (tim) fokus belajar untuk program dimaksud,” tambahnya.

Untuk memuluskan program CityCat di Teluk Ambon, Louhenapessy akan melakukan koordinasi dengan Bappenas. “Bappenas akan kita koordinasi dan libatkan dalam rencana program itu, sehingga memudahkan Pemkot dalam soal pendanaan,” katanya.

Louhenapessy optimis, bila program CityCat ini dapat direalisasikan Pemkot, di Teluk Ambon akan dapat mengatasi solusi kemacetan di Kota Ambon. “Nanti Agustus tim ke Kota Brisbane. Setelah kembali kita buat perencanaan anggaran, tahun depan (2020), sudah bisa jalan. Di tim kita juga libatkan DPRD Kota Ambon,” tambahnya. (KIE)

Penulis:

Baca Juga