Bank Dunia Tertarik Bantu Bangun Pelabuhan Ekspor

Tim Bank Dunia didampingi sejumlah pejabat Pemprov Maluku meninjau lokasi yang akan dibangun pelabuhan ekspor di Kecamatan Salahutu

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - World Bank tertarik membantu Pemerintah Provinsi Maluku membangun pelabuhan ekspor di kawasan Tulehu-Waai-Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon.

Untuk merealisasikan itu, Rabu, kemarin, tim studi Bank Dunia mengunjungi lokasi pembangunan infrastruktur itu. Mereka terdiri dari dua spesialis transportasi senior, Elena Cheseheva dan Ninan Ommen Biju serta Irma Hutagalung selaku asisten tim dan didampingi mantan Direktur Utama PT Pelindo II, Richard Joost Lino.

Sementara Pemerintah Provinsi Maluku terdiri dari Plt. Kepala Bappeda Syuryadi Sabirin, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Elvis Pattiselano, Kepala Dinas Perhubungan Johanes Frans Papilaya, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kasrul Selang, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Abdul Haliem Dateis, Plt Kepala Kesbangpol Sam Sialana serta Karo Humas dan Protokol Setda M. Junairis.

Lokasi yang ditinjau Pelabuhan Tulehu, area sekitar jembatan penghubung Tulehu-Waai, Pelabuhan Hunimua Liang dan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon. Di lokasi yang dikunjungi, tim Bank Dunia memantau sekaligus mengambil gambar.

Suraydi Sabirin menjelaskan, kedatangan tim Bank Dunia ini baru tahap survei. “Pak Lino, mantan Direktur Utama Pelindo II Tanjung Priok putra Maluku, sekarang mengajak World Bank survei lokasi pelabuhan ekspor sekaligus pembangunan industri di sekitar pelabuhan. Jadi ini baru tahap survei saja,” jelas Sabirin kepada jurnalis di sela-sela peninjauan lokasi.

Survei ini, kata dia, merupakan rangkaian rencana pembangunan pelabuhan ekspor di kawasan tersebut. “(Pembangunan) Pelabuhan ini untuk semua hasil-hasil dari Maluku untuk dieskpor,” sebut mantan kepala Dinas Pertanian Maluku ini.

Rencana pembangunan pelabuhan ekspor ini, terbentang dari Desa Tulehu, Waai dan Liang. “Opsi seperti itu,” ujarnya. Setelah survei dirampungkan, akan dilakukan rapat bersama di Pelindo IV, hari ini. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga