Sekilas Info

Nelayan Hilang Selamat di Sanana

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Arifin Bugis, seorang nelayan asal Desa Jikumerasa, Kabupaten Buru, selamat dari maut. Ia ditemukan terombang ambing di perairan laut Desa Kumayon, Kepulauan Sula, Pulau Sanana, Maluku Utara, Kamis (20/6).

Pria 33 tahun itu diketahui selamat setelah nomor ponsel miliknya tersambung, saat dihubungi tim SAR Pos Namlea. Korban berada tepat di posisi 6 NM, pada titik koordinat 02°33’9.82”S-126°6’45.13”T.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Ambon, Muslimin, mengaku, setelah diketahui keberadaan korban sekitar pukul 11.30 WIT, pihaknya kemudian menghubungi Kepala Kansar Ternate.

“Karena keberadaan korban sudah masuk wilayah hukum Kansar Ternate,” kata Muslimin kepada wartawan, tadi malam.

Dari hasil koordinasi dengan Kepala Kansar Ternate, tim SAR setempat kemudian dikerahkan menuju lokasi keberadaan korban dengan menggunakan KNP 592 milik KPLP Sanana. Proses pencarian dilakukan sekira pukul 13.22 WIT.

“Operasi pencarian di pimpin Kepala UPP Sanana. Tim berjumlah 11 orang. Diantaranya dari tim SAR Namlea, Polairud dan keluarga korban. Mereka menggunakan speedboat milik Polairud Namlea. Sementara dari Sanana yaitu TNI AL dan AD menggunakan KNP 592,” terangnya.

Operasi pencarian hari ke 3 akhirnya membuahkan hasil. Korban ditemukan terapung-apung di tengah laut karena disebabkan mesin longboat yang digunakan mati. Korban ditemukan pada posisi 02°14’9.57”S - 126°10’43.41”T.

“Saat ini korban sudah dievakuasi ke Kota Sanana. Dan karena korban sudah ditemukan dengan kondisi selamat, sehingga operasi pencarian hari ke 3, kami nyatakan tutup atau selesai,” tandasnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga