Sekilas Info

KPU Tunggu Regulasi Gelar Pilkada di Empat Daerah

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - KPU Maluku, hingga saat ini mesih menunggu regulasi, untuk menggelar Pilkada di empat daerah pada 2020 mendatang. Empat daerah yang menggelar pesta demokrasi berdasarkan hasil Pilkada 2015 lalu.

EMpat kabupaten yang akan menggelar Pilkada 2020 mendatang, yakni Kabupaten Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, dan Seram Bagian Timur.

Ketua KPU Maluku, Rivan Kubangun mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih menunggu regulasi atau Peraturan KPU (PKPU) untuk menyusun jadwal, program dan tahapan Pilkada di empat daerah yang akan menggelar Pilkada 2020 mendatang.

“Kita sampai saat ini belum tahu kapan tahapan Pilkada di empat daerah yang digelar tahun depan. Ini karena PKPU terbaru terkait Pilkada belum ada,’’kata Kubangun menjawab Kabar Timur, kemarin.

Dia mengaku, setelah PKPU terbit, pihaknya akan menyusun jadwal dan program serta tahapan Pilkada. “PKPU saja belum ada. Kalau PKPU ada kita bisa anggarkan dan sosialisasi Pilkada,’’tandasnya.

Soal informasi, sejumlah parpol yang tidak lolos Parlemen Treshold atau PT, tidak mengusung pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, dia mengaku, pintu untuk mencalonkan diri melalui parpol dan jalur independen. ‘’Belum ada regulasi yang mengatur itu,’’tegasnya.

Sekedar tahu, sejumlah figur mulai diwacanakan dan dijagokan sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati di empat daerah itu. Di MBD, sejumlah nama mulai mengemuka bakal maju mencalonkan diri merebut kursi Bupati.

Mereka adalah Benyamin Noach (incumbent), Simon Mose Maahury, Odie Orno, Jafet Damamain dan Niko Kilikily. Di SBT selain incumbent Mukti Keliobas, Wakil Bupati SBT Fachri Alkatiry, dan sejumlah figur lainya bakal maju mencalonkan diri merebut kursi Bupati SBT.

Di Aru, selain incumbent Johan Gonga, salah satu anggota DPRD Maluku, Themi Hursepuny sementara digadang bakal maju mencalonkan diri. Begitu juga di Bursel, nama anggota DPRD Maluku, Safitri Soulisa dan sejumlah figur lainya sementara diwacanakan merebut kursi panas di daerah itu. (KTM)

Penulis:

Baca Juga