Sekilas Info

Pemprov Minta Bantuan Kementerian PUPR

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Pemerintah Provinsi Maluku meminta bantuan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penanganan kerusakan infrastruktur akibat bencana alam.

Terutama gedung, rumah serta infrasruktur jalan maupun jembatan yang rusak akibat terkena dampak bencana, banjir maupun longsor.

Hal ini disampaikan Gubernur Maluku Murad Ismail di kantor Gubernur Maluku, Rabu (12/6).

Murad mengaku sudah memerintahkan Kepala Dinas PUPR Provinsi Maluku Ismail Usemahu untuk menghitung jumlah anggarannya. “Saya sudah perintahkan kepala Dinas PU menghitung jumlah anggaran keseluruhan, nanti kita minta sama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono,” ujar mantan Dankor Brimob Polri itu kepada awak media.

Tiga jembatan yang rusak terdampak banjir, satu di Kabupaten Maluku Tengah dan dua di Kabupaten Seram Bagian Barat. “Ketiga jembatan sudah diperbaiki sementara, akses jalan ke Kabupaten SBB dan Malteng sudah bisa dilewati,” ucapnya.

Permintaan bantuan itu juga termasuk tiga gedung di kampus IAIN yang rusak akibat pergeseran tanah. “Bencana di kampus IAIN yang paling berat, hampir 50 persen atau Rp15 miliar,” ujar Murad. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga