Sekilas Info

Lebaran Kondusif Dibanding Tahun Lalu

AKBP Sutrisno Hadi Santoso

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Menjelang hingga berakhirnya perayaan Idul Fitri tahun 2019, berlangsung kondusif. Dibanding tahun lalu, keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease jauh lebih baik.

Demikian disampaikan Kapolres Ambon AKBP Sutrisno Hady Santoso saat menghadiri acara tradisi Pukul Sapu 7 Syawal di Negeri Mamala, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon), Rabu (12/6).

“Kondisi keamanan menjelang dan berakhirnya Lebaran 2019 secara umum, dibanding tahun lalu jauh lebih baik,” kata Sutrisno kepada Kabar Timur.

Selain kondusifitas kamtibmas, angka kecelakaan lalu lintas juga mengalami penurunan drastis. “Termasuk angka kecelakaan lalu lintas korbannya menurun. Korban vatalitas seperti meninggal dunia juga menurun,” terangnya.

Kondisi yang baik ini, tambah Sutrisno, tercipta berkat peran serta dan kerjasama yang baik antara seluruh elemen masyarakat terkait. “Keamanan lebaran lebih baik karena partisipasi semua pihak, pemerintah maupun TNI dan Polri,” jelasnya.

Selain itu, perwira dua melati di pundaknya ini mengaku keamanan dan penurunan angka kecelakaan lalu lintas pada lebaran tahun ini terjadi karena kesadaran masyarakat meningkat. “Saya memberikan apresiasi kepada semua pihak termasuk masyarakat yang secara bersama-sama menjaga dan mengamankan wilayah tercinta ini,” imbuhnya.

Di sisi lain, pelaksanaan atraksi Pukul Sapu yang diselenggarakan setiap tahun oleh Negeri Mamala dan Morela berjalan aman tanpa gangguan.

“Kami kerahkan 242 personel pengamanan. Terdiri dari Polres Ambon, Kodim 1504, Batlyon 733, Brimob Polda Maluku, Ditsabhara Polda Maluku dan Satgas BKO di Maluku,” jelasnya.

Atraksi budaya kedua negeri tersebut berjalan aman tanpa gangguan, karena rangkaian pengamanan sudah dilaksanakan menjelang tradisi Pukul Sapu berlangsung. “Sejak kemarin (Selasa) kita sudah mulai pengamanan dan lakukan razia miras maupun mengantisipasi datangnya miras dari Pulau seberang (Seram),” kata dia. (CR1)

Penulis:

Baca Juga