Sekilas Info

BPBD Bursel: Waspada Cuaca Ekstrim Akhir Juni

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Pemerintah Kabupaten Buru Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, mengeluarkan peringatan dini dan himbauan kepada masyarakat di daerah itu.

Surat himbauan ini dikeluarkan secara resmi oleh BPBD dengan Nomor 130/BPBD-BS/VI/2019 Tentang Peringatan Dini Sekaligus Himbauan.

"Memperhatikan hasil rilis peringatan dini cuaca di maluku sampai dengan akhir Juni atau mungkin lebih  dan sering terjadinya gempa bumi yang dikeluarkan BMKG Maluku untuk sekitar wilayah Maluku dan khusus Kabupaten Buru Selatan, Buru dan Ambon. Maka kami meresponnya dengan mengeluarkan himbauan kepada masyarakat untuk menjadi perhatian,"ujar Kepala BPBD Kabupaten Buru Selatan, Awath Mahulauw kepada Kabar Timur, lewat telepon selulernya, Selasa (11/6)

Diungkapkannya dalam rilis BMKG Maluku tersebut cuaca sewaktu-sewaktu menjadi  ekstrim yang masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Kondisi itu, sambungnya dapat menimbulkan banjir, longsor, pohon tumbang, jalan licin, gelombang tinggi dan bisa juga terjadi gempa bumi. "situasi ini dapat beresiko terjadap keselamatan jiwa, korban harta maupun ganguan transportasiu sehari-hari,"sebutnya.

Terkait itu, pihaknya mengeluarkan himbauan kepada masyarakat di Kabupaten Buru Selatan untuk selalu waspada terhadap perubahan kondisi alam dengan menghindari aktifitas yang beresiko apabila ada tanda-tanda perkembangan perubahan cuaca.

"Masyarakat  juga harus mengamati dan mencari tahu tanda-tanda perkembangan perubahan cuaca kemudian dapat merencanakan ataumengatur jadwal aktivitas keseharian,"ingatnya.

Bukan hanya itu bagi masyarakat yang mengetahui perkembangan cuaca terkini maupun ada kejadian bencana alam dapat menginformasikan kepada masyarakat lainnya maupun instansi teknis. "Saling membantu antar sesama apabila mengetahui ada warga yang mengalami musibah karena adanya bencana alam sekaligus membantu menginformasikan kepada pemnda melalui BPBD Kabupaten Buru Selatan,"himbaunya.

Ditambahkan peringatan dini sekaligus himbauan ini akan selalu disampaikan pihaknya guna menuju keselamatan masyarakat di Bumi Lolik Lalen Fedak Fena. (KTL)

Penulis:

Baca Juga