Sekilas Info

Murad Harap Rombak Birokrasi di MBD

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Gubernur Maluku, Murad Ismail berharap, Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Thomas Noach, melakukan perombakan birokrasi di daerah itu.

‘’Segera melakukan penataan birokrasi mengedepankan pendekatan kompetensi, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,’’harap Murad ketika melantik Noach sebagai Bupati MBD sisa masa jabatan 2016-2012 di lantai 7 kantor Gubernur, Rabu (29/5).Harapan Gubernur agar Noach melakukan penataan birokrasi di bumi Kalwedo. Pasalnya, sejak bekas Bupati MBD Barnabas Orno, kini menjabat Wakil Gubernur Maluku, memimpin daerah itu banyak pimpinan SKPD bermasalah dan tidak sesuai kompetensi. “Ini dilakukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance,’’ingatnya.

Tak hanya itu, Murad juga berharap, Noach mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai kepala daerah memprioritaskan pengentasan kemiskinan di MBD yang secara geografis berbatasan dengan Timor Leste dan Australia.

“Jadi rakyat harus disejahterakan melalui berbagai program strategis Pemkab MBD, termasuk memelihara potensi sumber daya alam  agar bisa dinikmati anak cucu,” ujarnya.

Mantan Kapolda Maluku ini berharap, Noach sesegera mungkin memutuskan langkah-langkah strategis seiring kebijakan pemerintah mengelola Blok Migas Masela bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat MBD.

“Blok Migas Masela kan berada di wilayah Selatan provinsi Maluku, makanya pengelolaannya harus disikapi Pemkab MBD dengan merealisasikan program-program pembangunan yang strategis agar masyarakat setempat berperan serta dan akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan warga setempat,” katanya.

Murad berharap, Noach melakukan kordinasi dengan semua pihak di daerah agar bersama-sama membangun MBD kearah yang lebih baik. “Marilah dengan semangat ‘kalwedo’ dijalin koordinasi dengan Forkopimda MBD, DPRD, pimpinan agama, tokoh masyarakat maupun pemuda serta komponen lainnya membangun MBD agar mampu mensejajarkan diri dengan daerah lain di Tanah Air,” tandas Gubernur.

Noach dilantik sebagai Bupati MBD menggantikan Barnabas Orno. Noach, sebelumnya menjabat Wakil Bupati MBD. Orno telah dilantik menjadi Wakil Gubernur Maluku bersama Gubernur Maluku, Murad Ismail oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta 24 April 2019 lalu. (KTM)

Penulis:

Baca Juga