Sekilas Info

Kapolda Maluku Pantau Arus Mudik

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Kepala Kepolisian Daerah Maluku Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa memantau arus mudik penumpang menjelang perayaan Idul Fitri tahun 2019.

Pemantauan arus mudik berlangsung di pelabuhan Hunimua, Desa Liang dan Hurnala, Desa Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (27/5).

Kapolda didampingi Wakapolda Brigjen Pol Teguh Suwarno dan para pejabat utama Polda Maluku ini ditemani Kepala Syahbandar Rifai Ferra dan KSOP J. Al Faris.

Dalam pemantauan kesiapan arus mudik tersebut, orang nomor 1 Polri di Provinsi Maluku ini naik ke atas Ferry yang menghubungkan Pulau Ambon dan Pulau Seram.

Menurut Kepala Syahbandar, pihaknya menyediakan sejumlah Kapal Fery. Kapal penyeberangan ini bolak balik Pelabuhan Hunimua, Pulau Ambon dan Waipirit, Pulau Seram sebanyak 13 kali. Ekstra trip akan diberlakukan menjelang lebaran nanti.

“Ada 4 unit kapal (fery) yang beroperasi ke Wipirit Hunimua selama sehari sebanyak 13 kali. Kalau lebaran disesuaikan, kita biasa ekstra trip dari 3 menjadi 4,” kata Rifai yang berbincang dengan Kapolda Maluku.

Untuk Ferry penyeberangan Hunimua-Masohi, kata dia beroperasi selama 3 kali dalam sepekan. “Kalau Hunimua-Masohi itu beroperasi hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Berangkat pukul 14.00 WIT,” jelasnya.

Dikatakan, animo masyarakat setiap menjelang lebaran maupun natal sangat tinggi. “Animo penumpang lebih ke ke Waipirit,” ungkapnya.

Selain pelabuhan Hunimua, mantan Kakor Lantas Polri ini juga memantau kesiapan arus mudik di pelabuhan Hurnala, Tulehu. Ia kembali berbincang bincang dengan Johan dari Kantor Unit Penyelengara Pelabuhan (UPP).

“Kita sama-sama melihat kesiapan arus mudik lebaran. Selain Hunimua juga di Ambon dan Tulehu (Hurnala),” kata Royke kepada wartawan, kemarin. (CR1)

Penulis:

Baca Juga